Relawan Demokrasi Bersosialisasi Bersama Generasi Milenia di Kampoeng Rasau

Lokal

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang – Tidak henti-hentinya Komisi Pemilahan Umum (Kpu) kota Pangkalpinang melakukan sosialisasi dan pendidikan tentang pemilu.
KPU bersama Relawan Demokrasi basis netizen (warga internet) melakukan sosialisasi dengan generasi millenial, mahasiswa dan masyarakat umum di Fans Base Cafe Kampoeng Rasau. Jumat (15/3)

Komisioner KPU Kota Pangkalpinang, Ruslan mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya pemilu, pengenalan peserta pemilu baik itu Partai Politik, calon Presiden dan Wakil Presiden, calon Perseorangan (DPD), calon DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Pangkalpinang, tata cara pemberian suara di TPS, suara sah dan tidak sah.

“Hal terpenting juga peran generasi millenial dalam tahapan yang dilaksanakan oleh KPU,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Begini Kata Kapolda Soal Massifnya Aktifitas Tambang Ilegal Di Perkebunan PT THEP

Ia juga menjelaskan peran sebelum hari pemungutan dan perhitungan suara : pertama; pastikan diri sendiri, keluarga, masyarakat sekitar terdaftar sebagai pemilih, kedua; kenali visi-misi, program kerja dan latar belakang calon yang akan di pilih, ketiga; ikut mensosialisasikan hal terkait pemilu sampai hari pelaksananaan pungut hitung suara.

“Ketika hari pemungutan suara, pertama; memantau proses pemungutan suara di TPS, kedua; menyakasikan jalannya perhitungan suara, ketiga; menyampaikan laporan atas adanya dugaan pelanggaran atau kesalahan dalam pelaksanaan perhitungan suara kepada KPPS, keempat; mengajukan keberatan terhadap jalannya perhitungan suara oleh KPPS melalui saksi peserta pemilu atau pengawas pemilu yang hadir apabila terdapat hal yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” sebutnya.

BACA JUGA :  Lagi, Soal Rekom KASN, Huzarni Rani Sebut Gubernur Babel Seperti Makan Buah Simalakama

Ruslan juga menyebutkan, sangat terbatas sekali SDM yang dimiliki untuk melakukan sosialisasi sekota Pangkalpinang ini, maka dari itu, pihak KPU Kota Pangkalpinang berharap generasi millenial yang ikut sosialisasi tersebut sebagai agen kita.

“Menyampaikan informasi dan memberikan pendidikan politik, pendidikan pemilu kepada millenial yang lain dan masyarakat secara umum dimanapun berada,” harapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.