Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Pemkab Bangka Adakan Pelatihan Pemandu Wisata Terpadu Standarisasi Pelayanan Pemandu Wisata

oleh

 

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Wakil Bupati (Wabup) Bangka Syahbudin membuka secara resmi kegiatan pelatihan pemandu wisata terpadu standarisasi pelayanan pemandu wisata dan operator angkutan wisata Kabupaten Bangka yang digelar Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga (Dinparpora) Kabupaten Bangka, selasa (12/03/2019) di ruang pertemuan Cendrawasih Hotel Tanjung Pesona Sungailiat.

“ Dengan diselenggarakan pelatihan seperti ini kiranya dapat diikuti dan dipahami secara baik dan memberikan manfaat bagi semua. Mudah-mudahan kegiatan pelatihan seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan di tahun-tahun yang akan datang, dengan berbagai jenis pelatihan yang disesuaikan dengan tuntutan perkembangan parawisata,” kata Wabup Bangka dihadapan 40 peserta pelatihan.

Dikatakan Wabup lebih lanjut, pelatihan pemandu wisata terpadu tersebut, bertujuan untuk menunbuhkan bibit-bibit pemandu wisata yang baru yang kedepan diharapkan menjadi salah satu garda dalam menghadapi dunia parawisata di dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan juga untuk meningkatkan, menambah pengetahuan dan wawasan bagi peserta sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima sesuai dengan fungsi dan tugas dan usahanya masing-masing.

“ Satu faktor yang penting dalam mempromosikan parawisata adalah memberikan pelayanan dan mengemasnya dengan sebaik mungkin sehingga wisatawan dapat merasakan kesan yang mendalam terhadap keindahan wisata di Bangka.Oleh karena itu, kita perlu melibatkan semua pihak yang bergerak di usaha keparawisataan ini di wilayah Kabupaten Bangka, dengan harapan nantinya Kabupaten Bangka nantinya akan menjadi salah satu destinasi parawisata tingkat Nasional maupun Internasional, ” ungkapnya.

Ditambahkan Wabup, di sektor parawisata potensi Kabupaten Bangka sendiri patut dibanggakan. Di tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Bangka memiliki keindahan alam yang dipadu dengan keanekaragaman budaya dan peninggalan sejarah yang tidak ternilai harganya, menjadikan Kabupaten Bangka  sangat menarik dan layak untuk dikunjungi oleh banyak wisatawan baik dalam Negeri maupun Luar Negeri.

Sementara itu, Kepala Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga (Dinparpora) Kabupaten Bangka Asep Setiawan selaku ketua pelaksana kegiatan dalam laporan yang dibacakannya mengatakan kegiatan yang digelar memang dirancang dalam rangka upaya untuk perbaikan mutu pelayanan keparawisataan di Kabupaten Bangka. Dan sesuai dengan kondisi dan visi misi yang dibebankan kepada Dinasnya. Dan dalam rangka menuju Bangka Setara yaitu untuk parawisata yang berskala Nasional.

“ Adapun peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan pemandu wisata terpadu standarisasi pelayanan pemandu wisata dan operator angkutan wisata ini berjumlah empatpuluh (40) orang yang terdiri dari pemangku kepentingan yaitu dari travel agen, kemudian dari para driver angkutan parawisata,” jelasnya.

Dijelaskannya, digelarnya kegiatan pelatiahan tersebut guna mensinergikan langkah selaras seiring sejalan semua pihak yang terlibat dalam keparawisataan guna memajukan keparawisataan di Kabaputan Bangka.

“ Kegiatan pelatihan ini akan digelar selama dua (2) hari dari tanggal 12 Maret 2019 sampai dengan tanggal 13 Maret 2019. Dengan narasumber dari Perhimpunan Pemandu Wisata Indonesia (PPWI) Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan dari PPWI Pusat,” pungkasnya. (PB)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.