Dinilai Tidak Jujur, DKPP Hanya Memberikan Peringatan Keras Kepada Anggota KPU Bangka Selatan

Lokal

 

Deni, divisi hukum dan pengawasan KPU Babel

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang-Dinilai tidak jujur, Hery yang merupakan  komisioner komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Bangka Selatan mendapat peringatan keras dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia (DKPP RI). Berdasarkan data dan fakta yang terungkap dalam persidangan. Hery ketika mengikuti test di kabupaten Bangka Tengah ternyata tidak lagi berdomisili di Kabupaten Bangka Tengah akan tetapi sudah pindahdi kabupaten Bangka Selatan.

Hal ini diungkapkan oleh komisioner KPU Babel, Deni divisi hukum dan pengawasan. Menurut Deni berdasarkan surat keputusan DKPP nomor 10/DKPP-PKE-VIII/2019 menetapkan Hery anggota KPU Kabupaten Bangka Selatan telah melakukan tindakan yang melangar kode etik penyelenggara pemilu.

“DKPP menilai, saat mengikuti test di kabupaten Bangka Tengah, Hery terbukti sudah pindah domisili ke Kabupaten Bangka Selatan. Menurut putusan DKPP, saudara Heri telah pindah domisili secara legal dan sesuai ketentuan, namun sesuai putusan tersebut DKPP memandang perlu memberikan peringatan keras kepada saudara Heri karena dipandang beliau tidak jujur menyampaikan bahwa sudah pindah domisili ke Bangka Selatan pada saat dia test kesehatan seleksi Bawaslu di Kabupaten Bangka Tengah,” terang Deni saat ditemui di kantornya, Kamis (29/2).

 

Deni juga menyebutkan, surat keputusan DKPP tersebut diterima kemarin dan hari ini, Kamis (29/2) kami melakukan rapat Pleno pembahasan surat teguran dari DKPP kepada salah satu komisioner KPU Kabupaten Bangka Selatan tersebut. Sesuai keputusan DKPP kami akan melaksanakan putusan DKPP tersebut dengan memberikan surat peringatan keras kepada yang bersangkutan

“Tidak ada pemecatan terhadap anggota KPU Kabupaten Bangka Selatan, tetapi hanya memberikan surat peringatan keras kepada Hery karena sudah tidak jujur,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan dalam surat keputusan DKPP tersebut juga menyatakan tidak ada ditemukan kartu tanda penduduk ganda, berdasarkan data dan fakta persidangan anggota KPU Kabupaten Bangka Selatan tersebut terungkap jika Hery telah pindah dari Kabupaten Bangka Tengah ke Kabupaten Bangka Selatan sesuai aturan yang berlaku.

“Karena tidak ditemukan KTP ganda, maka yang bersangkutan hanya diberikan peringatan keras saja tidak ada pemecatan sebagai anggota KPU kabupaten Bangka Selatan,” pungkasnya. (Yuko)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.