Bangun Kampoeng Rasau, Yuko Berharap Dapat Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan di Babel

Lokal

 

 

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang – Melihat peluang lahan tidur Taman Mandara yang ditelantarkan oleh pemerintah daerah kota Pangkalpinang bertahun panjang lantaran permasalahan kasus korupsi dalam proyek pembangunan taman tersebut.

Ahmad Wahyudi yang biasa dipanggil Yuko ini memanfaatkannya menjadi pusat ekonomi kreatif bagi masyarakat sekitar.

Lahan dengan luas 8 hektar ini sejak 2017 lalu oleh Yuko seorang wartawan media online forumkeadilanbabel.com disulap menjadi Kampoeng Rasau.

Menurutnya, Kampoeng Rasau awalnya dibangun hanya dari sebuah mimpi seorang insan pers yang ingin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui program ekonomi kreatif dengan membangun lapak lapak kuliner dan UMKM.

Untuk menggapai mimpi tersebut, Yuko akhirnya berkerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata kota Pangkalpinang. Lalu mencoba merubah lahan tidur dan terbengkalai tersebut menjadi pusat kuliner, UMKM dan Taman Bermain Keluarga Kampoeng Rasau yang kini manfaatnya sudah mulai dirasakan oleh masyarakat dan pemuda sekitar.

“Alhamdulillah, lahan yang dulunya ditinggalkan oleh Pemda dan masyarakat sekitar, saat ini sudah mulai didatangi oleh masyarakat untuk bersantai dengan keluarga,” kata Yuko, Senin (4/1)

 

Lapak lapak kuliner di Kampoeng Rasau,lanjut Yukoa ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang ingin bersantai bersama keluarga dengan menawarkan produk produk home industri khas daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Dengan melibatkan masyarakat di sekitar dalam pembangunan lapak lapak kuliner di Kampoeng Rasau tanpa disadari telah menciptakan lapangan pekerjaan bagi sekelompok pemuda termasuk pengelola keamanan ketertiban dan kebersihan lingkungan.

 

Kampoeng Rasau merupakan salah satu program yang bisa meningkatkan kualitas kehidupan mereka, yang dulunya hanya pengangguran dan berkerja apabila ada borongan saja, namun saat ini kondisi mereka sudah berubah.

Tidak hanya itu, dengan memanfaatkan teknologi modern yang saat ini sangat mudah diakses oleh masyarakat untuk bisa mendapatkan penawaran menu menu yang ditawarkan oleh pelaku usaha di Kampoeng Rasau dalam meningkatkan pendapatan mereka.

Mereka juga memasarkan secara online dan bisa dipesan langsung karena sudah berkerjasama dengan beberapa aplikasi belanja online sehingga semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan pemesanan.

Di awal tahun 2019 ini, Kampoeng Rasau mulai berbenah diri untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendukung lainnya yang bisa meningkatkan pendapatan pelaku usaha di lokasi tersebut.

 

Guna mendatangkan peluang usaha bagi masyarakat sekitar, Yuko selaku pengelola Kampoeng Rasau terus menjalin ekerjasama dengan beberapa perusahaan, baik dari BUMN maupun BUMD untuk pembangunan lantai yang nantinya akan digunakan untuk mendatangkan peluang usaha Taman Bermain sehingga ke depan Kampoeng Rasau ini bisa dijadikan sebagai sebuah tempat berkumpul dan bermain keluarga. (A. Ans)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.