Maestro sejarah Babel minta Pihak Bandara Depati Amir dan Bank Indonesia buat monumen dan cetak wajah Depati Amir

Lokal

 

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang- Dalam rangka mengkampanyekan dan mensosialisasikan Depati Amir sebagai Pahlawan Nasional pertama dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Drs. Akhmad Elvian mendatangi Bandara internasional Depati Amir untuk mengusulkan dibuatkan monumen atau patung dan cerita sejarah perjuangan sang Patriot perekat keindonesiaan tersebut.

Hal ini dilakukan oleh Maestro sejarah Babel ini bermaksud meminta kepada pihak bandara Depati Amir untuk mengenalkan Depati Amir kepada masyarakat luas.

“Alhamdulillah, pihak pengelola Bandara Internasional Depati Amir merespon positif rencana pembangunan monumen dan jejak perjuangan putra terbaik dari Babel tersebut,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (29/1).

Pengiat dan penulis sejarah Babel ini juga berharap dengan adanya pembangunan monumen pahlawan nasional tersebut bisa membangkitkan semangat kepahlawanan masyarakat Babel baik yang datang maupun yang pergi ke luar Babel.

BACA JUGA :  Sudah Saatnya Babel Miliki Tugu Pers

“Kita diberikan izin untuk pembangunan monumen pahlawan nasional tepatnya di bundaran pintu masuk bandara internasional yang saat dalam proses pengembangan perluasan bandara tersebut,” sebutnya.

Ia berharap kedepan pembangunan monumen dan patung ini bisa lebih menarik kaum milenia sehingga tidak terkesan ketinggalan jaman.

“Setelah gambar, nanti pengajuan kita akan dibahas di tingkat Angkasa pura untuk dibangun oleh pihak bandara Depati Amir,” tegasnya.

Dengan adanya monumen dan sejarah perjuangan pahlawan nasional Depati Amir kedepan akan menjadi spirit bagi generasi penerus bangsa yang mencintai dan menghargai jasa jasa para perjuangan kemerdekaan tersebut.

“Yang penting sebesar harus ada peraturan daerah tentang gambar dan pesan kesan harus segera ditetapkan dari sekarang jangan sampai terjadi sengketa dikemudian hari dan makamnya harus segera dipercantik sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

BACA JUGA :  Kejari Bangka Barat Terima Kunjungan Ketua dan Waka PN Agama Muntok

Untuk itu Drs. Akhmad Elvian ini sudah menyiapkan buku riwayat hidup dan pejuang Depati Amir yang nanti akan disebarluaskan kepada masyarakat,sekolah sekolah agar mereka mengetahui seperti apa sejarah perjuangan patriot perekat keindonesiaan asal Babel tersebut.

“Insyaallah diakhir februari nanti kita akan luncurkan buku biografi sejarah perjuangan Depati Amir yang tebalnya sekitar 400 halaman,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan kedepannya dirinya akan meminta kepada Bank Indonesia agar wajah atau gambar Depati Amir dalam mata uang rupiah.

“Kedepan kami minta juga Bank Indonesia mencetak gambar wajah Depati Amir di uang kertas agar lebih dikenal oleh masyarakat Se-Indonesia,” pungkasnya. (Yuko)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.