Kenali Penyebab dan Gejala DBD

Lokal Seremonial

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh virus Dengue ditandai dengan demam tinggi yang berlangsung terus menerus selama dua hari hingga satu minggu pada penderitanya. Penularan DBD secara umum ditularkan dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti, Rabu (16/01/19) saat diwawancarai diruangannya.

“Kita harus tahu bahwa DBD ini disebabkan oleh virus Dengue tanda-tanda awalnya pasien mengalami demam tinggi secara mendadak selama dua hingga tujuh hari. Nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus adalah nyamuk yang menularkan virus ini pada umumnya,”jelas Then.

Lebih lanjut Then menjelaskan bahwa gejala DBD, selain mengalami demam tinggi pasien akan mengalami gelisah, denyut nadi melemah, mimisan pada hidung, timbulnya bintik merah pada kulit dan pasien akan mengalami muntah darah.

BACA JUGA :  Temui Gubernur Babel, Ormas dan Masyarakat Tunggu Langkah Tegas Pemerintah Menindak Indikasi Penyimpangan Pengiriman Zirkon

“Gejalan lain adalah pasien akan merasa gelisah, denyut nadi menjadi melemah, mimisan kemudian akan timbul bintik merah pada kulit lalu pasien akan muntah darah,”jelas Then.

Kemudian dirinya menyebutkan bahwa nyamuk penyebab DBD menggigit korbannya pada pagi hari pukul 08:00 – 12:00 dan pada sore hari pukul 15:00 – 17:00.

“Nyamuk tersebut menggigit di pagi dan sore hari yakni pukul 08.00 sampai 12.00 dan 15.00 sampai 17.00,”imbuhnya.

Untuk itu dirinya mengimbau agar masyakat dapat waspada serta sebisa mungkin menghindari gigitan nyamuk secara langsung serta membawa pasien DBD kepada ahli medis untuk dilakukan penanganan.

“Hindari gigitan nyamuk secara langsung serta dapat membawa pasien DBD kepada petugas medis apablia terjadi gejala-gejala yang dirurigai”pungkasnya. (PB)

BACA JUGA :  Pokdar Kamtibmas Dampingi Sat-Binmas Polres Pangkalpinang Sasari Warga Bagikan Bantuan Beras

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.