Antisipasi Banjir Di Musim Penghujan, PT Timah Siagakan ERG 24 Jam

Lokal Seremonial

 

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang – Guna mengantisipasi terjadinya banjir di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di musim penghujan hujan ini, PT Timah akan menyiagakan tim emergency response group (ERG) 24 jam.

Demikian disampaikan Kabid humas PT Timah, Anggi Siahaan saat ditemui dikantornya, Rabu (16/1) siang. Menurutnya saat ini kondisi curah hujan tinggi, sehingga potensi banjir dan bencana lainnya cukup tinggi terjadi di beberapa titik di daerah di Babel

“Selain menyiagakan tim Emergency Response (ERG) di daerah rawan bencana, PT Timah juga berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota guna mempercepat penanganan dan evakuasi korban bencana alam selama musim hujan ini,”sebutnya, Rabu (16/1).

Ia juga menjelaskan saat ini banjir masih bersifat genangan air di beberapa titik di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan dan Belitung, karena kondisi saluran air masyarakat sudah cukup baik.

“Selain itu, dalam dua tahun terakhir PT Timah bersama pemerintah daerah juga telah melakukan penanganan bencana banjir, seperti pendalaman alur sungai, kolong atau bekas lubang tambang timah dan perbaikan saluran air masyarakat,” tegasnya.

 

Kabid humas PT Timah Tbk, Anggi Siahan

 

Anggi juga berharap mudah-mudahan upaya yang telah dilakukan ini, banjir skala besar seperti yang terjadi pada 2016 yang sempat merendam Kota Pangkalpinang dan beberapa kabupaten lainnya tidak terjadi lagi.

“Tim ERG PT Timah Tbk dibentuk pada 2010 dan lahirnya tim tanggap bencana itu merupakan puncak dari kegelisahan sejumlah karyawan yang peduli terhadap penyelamatan dan penyaluran bantuan kepada korban-korban bencana di Tanah Air, khususnya lingkungan operasional perusahaan,”ujarnya.

Disebutkan juga, dengan tim ini tidak hanya membantu korban bencana alam di Babel tetapi juga daerah lainnya seperti tsunami, gempa bumi di Palu dan bencana skala nasional lainnya.

“Tidak hanya bencana alam didaerah saja, tapi bencana skala nasional juga kita siap mengirimkan relawan kita,” pungkasnya.

Ditempat terpisah Mikron Antariksa mengapresiasi upaya PT Timah membantu pemerintah daerah dalam menangani bencana alam.

“Siap tidak siap, Tim Reaksi Cepat (TRC) harus siap membantu dan menanggulagi korban bencana alam selama musim hujan ini,” tutur Kepala BPBD Babel, Rabu (16/1).

Dikatakannya, pihaknya juga menyiagakan 24 jam personel TRC dan berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya misalnya, BMKG, TNI, Polri, Basarnas, PT Timah, pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat.

“Kita harus selalu siap membantu dan menanggulangi korban bencana banjir, angin puting beliung dan kecelakaan kapal di laut,” akhirnya. (Yuko)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.