Miak Bertudung Dulang Dari Pemkot Pangkalpinang

Lokal Seremonial

 

Forumkeadilsnbabel.com, Pangkalpinang – Ada yang menarik dari penampilan salah satu pegawai negeri sipil pemerintah kota Pangkalpinang RATNA PURNAMASARI. Kasubbag PEP dan Keuangan Dinas perumahan dan wilayah pemukiman yang selalu berpenampilan menarik dan cantik mengunakan tudung dulang (saji)di kepalanya.

Saat ditemui dikantornya, Jumat (21/12) pagi, ia menceritakan awal mula dirinya mulai tertarik dengan tudong dulang (saji, red) saat dirinya pindah tugas dari Kabupaten Bangka Barat ke Pemkot.

“Saat lihat ade tudung dulang dipuncak gedung kantor walikota, langsung jatuh cinta,” katanya.

 

Ia juga menyebutkan berasal dari rasa ketidakpuasan, atas usaha yang telah dilakukan, muncul ide gila, bahwa tudung saji ni pasti pacak dieksplor ke arah style, pasti unik dan menarik.

“2013, saya coba memperkenalkan ciri khas sekaligus kearifan lokal ini ke daerah lain dengan cara awal lewat bikin plakat/cindramata, terus berkembang ke pacling miniatur dan hiasan kerudung,” sebutnya.

Dengan modal nekat, awal mula memakai sanggul dari Tudung Dulang itu pada saat dirinya masuk grand final pemilihan Ibu Muda Berkarya tingkat Provinsi Babel, dengan tujuan selain ingin tampil berbeda tetapi bernilai kearipan lokal.

“Diajang itulah gelar Bunda Tudung saji saya dapatkan, dan teriakan histeria para penonton,” tuturnya.

Singkat cerita, usahanya berhasil, dari yang awalnya tidak punya suporter, akhir nya justru mendapatkan fans dadakan.(Yuko)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.