Nama OSO Dicoret, Ribuan Kader Hanura Datangi KPU RI

Hukum Nasional

 

 

Forumkeadilanbabel.com, Jakarta- Ribuan kader Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dari seluruh indonesia melakukan demo dan orasi didepan kantor komisi pemilihan umum (KPU) RI di Jakarta. Kamis,(20/12).

Tampak perwakilan pengurus Dewan pimpinan daerah (DPD) Hanura se Indonesia, termasuk ketua DPD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Haryadi yang masuk ke dalam beraudensi dengan anggota KPU RI.

Saat dihubungi melalui telepon seluler H. Haryadi mengatakan jika saat ini dirinya dan kader partai Hanura sedang berada di kantor KPU RI.

“Kita datang ke sini hanya untuk meminta keadilan dan bukan untuk rusuh, hingga polisi biarkan perwakilan kita masuk kedalam,” ujar Ketua DPD Hanura Babel.

Namun menurutnya, pihak KPU akhirnya mempersilakan perwakilan demonstrasi masuk ke kantor KPU untuk menyampaikan aspirasinya.

“Saat ini, 34 orang dari DPD Hanura tengah masuk ke dalam untuk mediasi dengan pihak KPU. Orasi pun tetap berlangsung damai,” tegasnya.

Sekedar diketahui, KPU mencoret nama ketua umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai calon anggota DPD lantaran tak menyerahkan surat pengunduran diri sebagai ketua umum Partai politik berdasarkan keputusan MK no 30/PUU-XVI/2018, anggota DPD dilarang rangkap jabatan sebagai pengurus parpol.

Oso pun melayangkan gugatan ke mahkamah Agung (MA) mengabulkan gugatan uji materi OSO terkait PKPU Nomor 26 tahun 2018 yang memuat syarat pencalonan anggota DPD.

Senada, Majelis hakim PTUN juga mengabulkan gugatan OSO dan membatalkan surat keputusan (SK) KPU yang menyatakan OSO tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai calon anggota DPD. Hakim juga memerintahkan KPU untuk mencabut SK tersebut. (Yuko)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.