HARI JUANG KARTIKA TAHUN 2018 TNI AD MENGABDI DAN MEMBANGUN BERSAMA RAKYAT

Lokal Seremonial

 

FORUMKEADILANBABEL.COM, PANGKALPINANG – KOMANDO RESOR MILITER 045/Gaya  memperingati Hari Juang Kartika tahun 2018 yang merupakan hari lahirnya TNI AD pada tanggal 15 Desember 1945, dalam pelaksanaannya mengambil tema “TNI AD mengabdi dan membangun bersama rakyat”

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolda Kep. Babel Brigjen (Pol) Istiono dan jajarannya, Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya, Komandan Kodim (Dandim) 0413/BKA, Letkol Arm. Riski Budianto, Kepala Basarnas Babel, Danang Priandoko, Dansubdenpom II/4-2 Lettu Cpm Wahyu Setyadi, Mayor PM laut Ady Poernomo, para veteran serta instansi lainnya dan Ormas diantaranya SENKOM MITRA POLRI. Kegiatan digelar di halaman Markas Kodim 0413 Bangka, Sabtu (15/12/2018)

Upacara Hari Juang Kartika ke 73 dipimpin langsung oleh Dandrem 045/Gaya, Kolonel Inf Dadang Arif Abdurahman.

Pada kegiatan tersebut Dandrem 045/Gaya, Kolonel Inf Dadang Arif Abdurahman mengatakan dalam rangka hari Juang Kartika ini yang jatuh setiap tanggal 15 Desember, sejarahnya tentang TNI AD dalam mengenang pertempuran Ambarawa yang sebelumnya namanya Hari Infantr pada tahun 1945 bahwa waktu itu merupakan kemenangan Tentara Republik Indonesia.

“Kala itu prajurit TNI AD bertempur melawan Belanda di Ambarawa sehingga sampai sekarang peristiwa itu dikenal dengan sebutan Palagan Ambarawa di Jawa Tengah,” ungkap Dandrem.

Peringatan Hari Juang Kartika dipusatkan di Ambarawa, Jawa Tengah sekaligus merupakan hari kelahiran Angkatan Darat, tanggal 15 Desember 1945.

Danrem menyampaikan khusus kepada prajurit TNI AD, sebagaimana dikatakan oleh Panglima Besar Jendral Sudirman, bahwa seorang prajurit harus membela bangsa dan negara dengan segenap jiwa dan raganya. Prajurit TNI AD bukanlah prajurit sewaan, tetapi pembela kepentingan bangsa dan negara,”tegas Komandan korem 045/Gaya.

Dalam kesempatan itu, KOMANDAN KOMANDO RESOR MILITER 045/Gaya Kolonel Inf Dadang Arif Abdurahman,S.E juga memberikan Tali Asih kepada Warakauri dan pemberian kunci bedah rumah kepada salah satu masyarakat Kabupaten Bangka Barat.

IBRAHIM

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.