Tradisi Ziarah Kubur setiap Jumat pagi, Dimanfaatkan oleh Ibeng Jualan Bunga Setaman

Lokal Seremonial

 

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang-Tradisi Ziarah kubur yang sering dilakukan oleh masyarakat setiap pagi jumat sudah turun temurun dilakukan untuk mengenang dan mendoakan keluarga mereka yang telah meninggal dunia.

Berdasarkan liputan khusus dibeberapa lokasi pekuburan dikota Pangkalpinang, melihat banyak masyarakat yang datang dengan membawa bunga setaman, air dan yasin. Jumat,(14/12)

Susanto salah satu peziarah sengaja datang ke kubur jalan mentok untuk membeli bunga setaman walaupun ia akan berziarah ke pekuburan didaerah Bukti intan.

“Kami lihat hanya di kubur jalan mentok dan kubur pasar pagi saja yang ada penjual bunga setaman,” ungkapnya

 

Ia merasa sangat bersyukur karena sekarang sudah ada pejual bunga musiman yang cuma ada pada hari jumat pagi saja.

“Kami peziarah tak susah susah lagi harus menyiapkan buang setaman karena sudah ada penjualnya, kami sangat terbantu,” katanya

Ibeng seorang pemuda putus sekolah tersebut berinisiatif menjajakan buang setaman di pekuburan jalan mentok.

“Hampir setiap jumat pagi banyak orang datang ke kubur kadang ada yang bawa bunga, sejak itu ia bersama temannya menyediakan buang setaman di kubur jalan mentok,” sebutnya

Pemuda yang setiap hari menghabiskan waktunya di kubur jalan mentok tersebut rupanya sering membantu mengali kubur bila ada yang meninggal dunia.

“Untuk satu bungkus bunga setaman dijual 5 ribu saja. Alhamdulillah, kadang kadang dibayar lebih oleh peziarah,” tuturnya (Yuko)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.