KSOP PANGKALBALAM SIAP MENGHADAPI NATAL & TAHUN BARU

Lokal Seremonial

 

Forumkeadilanbabel.com, 8/12/18, PANGKALPINANG – KSOP Pangkalbalam terus melakukan inovasi, peningkatan pelayanan dan pengawasan keselamatan pelayaran adalah hal utama dan tak bisa ditawar ditawar.

Jelang Natal dan tahun baru KSOP Pangkalbalam dituntut kesiapan dilapangan dalam memberikan pelayanan khususnya keselamatan Pelayaran.

KSOP Pangkalbalam menggelar rapat yang dipimpin langsung Kepala KSOP Pangkalbalam
(Izuar, S.Sos, M.Si.) berlangsung di Kantor KSOP Pangkalbalam yang  dihadiri oleh,
Pol airud Polda Babel, Dishub Provinsi, Polsekwas Pelabuhan Pangkalbalam, Kesehatan Pelabuhan, Pos AL pangkalbalam, Karantina Tumbuhan dan Hewan Pelabuhan Pangkalbalam, PT. Pelindo II Cabang Pangkalbalam, Perwakilan INSA Bangka, Ketua PBM Pangkalbalam, Ketua TKBM Pangkalbalam, Perwakilan EMKL, serta perwakilan Pos Wilayah Kerja Kantor KSOP Pangkalbalam (Belinyu, Sungailiat, Sungaiselan), Kamis (6/12).

 

Kepala KSOP Pangkalbalam Izuar, S.Sos, M.Si. didampingi Kasubsi Lala Angkutan dan usaha kepelabuhanan Ferdiansyah, SE mengatakan jelang Natal dan tahun, pihaknya akan menyiapkan Posko Mandiri dipelabuhan dan menerapkan 5 prioritas pengawasan dan pengendalian selama angkutan Natal 2018 dan tahun baru 2019 diantaranya.

“Angkutan penumpang yang memenuhi aspek keselamatan, keamanan (kondisi kapal telah diramcek oleh kantor KSOP Pangkalbalam), lalu kenyamanan dan tepat waktu serta terintegrasi dengan antar moda (angkutan laut terkoneksi dengan angkutan darat dan udara),” ujarnya.

Namun menurutnya, angkutan sembako yang akan menjadi prioritas selain penumpang, dalam mengantisipasi lonjakan permintaan sembako dan menekan disparitas harga barang menjelang Nataru.
” Angkutan BBM, juga menjadi prioritas sandar serta bongkar muat untuk mencegah kelangkaan bbm di pulau Bangka dan antisipasi kenaikan permintaan BBM menjelang NATARU (Natal dan tahun baru). Pelayanan terminal penumpang yang ramah, bersih serta nyaman,” tandasnya.

 

Operasional kegiatan pelabuhan ini akan berlangsung selama 7 hari dalam seminggu dan 24 jam sehari.

“Termasuk kesiapan tempat sandar, kesiapan TKBM, kesiapan PBM, dan kesiapan MKL serta pergudangan,” kata Kepala KSOP Pangkalbalam.

Hal lain yang juga sangat membantu di KSOP seperti Control room difungsikannya untuk keselamatan dan keamanan pelayaran.

“Fungsi Control Room itu sendiri untuk memantau pergerakan kapal yang berada di alur perairan Pangkalbalam,” ungkapnya.

Selain itu juga mengunakan stasion radio pantai pelabuhan Pangkalbalam yang beroperasi 24 jam, kapal patroli dan personil sudah siap siaga dibantu dengan kapal Pol Airud dan Basarnas dan begitu juga
CCTV pelabuhan, beroperasi selama 24 jam.

Izuar, S.Sos, M.Si menghimbau ke penguna moda transportasi laut agar tetap berhati hati utamakan keselamatan mengingat situasi cuaca laut yang sering sewaktu waktu berubah seprti ombak besar angin kencang dan lain lainnya.

 

“Bagi pelaku usaha Armada tansportasi laut tetap wajib menyiapkan peralatan keselamtan penumpang maupun kru krunya,” pungkas KSOP Pangkalbalam, Izuar.

(Ibrahim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.