Bupati Bangka Hadiri Peringatan Hari Menanam Pohon

Lokal Seremonial

 

 

Bakam – Pemerintah Kabupaten Bangka, bekerjasama dengan Pt. Gemilang Cahaya Mentari (GCM) pada Sabtu (08/12/2018) melaksanakan kegiatan peringatan hari menanam pohon di Bukit Prit, Desa Tiang Tara kecamatan Bakam.

Pada Kegiatan ini dilakukan penanaman bibit tanaman buah-buahan dan tanaman hutan dengan sistem agroforestri, serta penyerahan piagam dan plakat nominasi penghargaan Kalpataru Tahun 2018 dengan kategori”Penyelamat Lingkungan” oleh Bupati Bangka kepada Masyrakat Desa Dalil

Pada kesempatan ini Bupati Bangka, Mulkan, SH., MH., mengatakan dirinya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bangka terutama Kecamatan Bakam, karena kegiatan ini sangat penting selain untuk melestarikan lingkungan juga untuk memasyarakatkan gerakan tanam dan pelihara pohon.

BACA JUGA :  Proses Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkup Pemprov Babel, Huzarni Rani Sebut Banyak Kejanggalan

“Kegiatan ini merupakan upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta kerusakan lingkungan lainya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan”jelas Bupati Bangka.

 

Ditambahkan Bupati Bangka, berkenaan dengan peringatan hari menanam pohon, tidak lepas dari usaha bersama dalam meningkatkan pengelolaan hutan dan upaya tanggung jawab kelestarian alam.

“Pengelolan hutan tidak lepas dari keterlibatan seluruh pihak, baik OPD, pelaku usaha, organisasi massa dan seluruh elemen masyarakat. Sehingga memberikan manfaat nyata bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyrakat”ungkap Bupati Bangka.

Menurut Bupati Bangka, hutan yang lestari mempunyai peran yang nyata dalam meningkatkan ketersediaan air sepanjang Tahun. Karena hutan memiliki fungsi utama sebagai pusat reservasi air alami.

BACA JUGA :  Kagumi Eksotisme Negeri Laskar Pelangi, Gubernur Lampung Sebut Belitung Salah Satu Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia

“Hutan dapat dapat memproduksi air, mengatur aliran air, serta melindungi tanah dari bahaya erosi dan longsor. Fungsi alami hutan ini dapat diadaptasi sesuai kebutuhan seperti irigasi, ketahan pangan, hingga cadangan energi listrik”kata Bupati Bangka.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, melihat laju pertumbuhan manusia dimasa depan bukan tidak mungkin akan mengalami defisit hutan bahkan hingga defisit air. Untuk itu dirinya mengajak seluruh lapisan masyrakat Kabupaten Bangka untuk terus menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan sekitar.

“Melalui momen yang bertemakan “tanam pohon untuk menghidupi buki” mari kita semua menggalakkan kegiatan menanam pohon dikehidupan sehari-hari kita demi bumi yang lestari dan jaminan masa depan bagi anak cucu kita nanti”himbau Bupati Bangka Mulkan, SH., MH.

BACA JUGA :  Resmikan McDonald's, Molen : Kita Bersyukur, Di Tengah Pandemi Covid-19, Pangkalpinang Dapat Investor Baru

 

Turut hadir pada kegiatan ini Ketua Pengadilan Negri Sungailiat, Kejaksaan Negri Kabupaten Bangka, Kapolsek Bakam, Koramil, kepala OPD, Camat dan Kades se Kecamatan Bakam. (DF/FkB)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.