Pesawat Canggih Boeing 737-200 Dengan Nomor Registrasi AI-7303 Ber-Homebased Di Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin Mendarat DI Belitung

Lokal Seremonial

 

Forumkeadilanbabel.com, 4/12/18, BELITUNG – Pesawat intai milik TNI AU Boeing 737-200 dengan nomor registrasi AI-7303 ber-Homebased di Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin Makasar mengangkut 14 orang kru termasuk Captain Pilot. siang sekira pukul 11.00 wib, berhasil mendarat mulus di Bandara H. AS Hanandjoeddin.Senin (03/12/18).

Pesawat Boeing 737-200 Al-7303 merupakan Pesawat intai TNI AU yang dilengkapi dengan peralatan canggih seperti sensor elektronik dan peralatan khusus lainnya, salah satunya kamera MX-20HD. Pesawat ini dituntut mampu melaksanakan tugas pengintaian dari udara, baik di darat maupun di perairan.

Saat tiba di Bandara H. AS Hanandjoeddin langsung disambut oleh Komandan lanud H. AS Hanandjoeddin Letkol Pnb Akal Juang didampingi Kepala Dinas Operasi Mayor Lek Eka Arbiter,. ST dan sejumlah Perwira lainnya.
Tak hanya itu, 14 kru Pesawat AI-7303 saat tiba langsung melakukan Tour City bersama rombongan Danlanud beserta Jajarannya. Mulai dari Tanjung Tinggi, Pantai Wisata Tanjung pendam dan Bundaran Kota Tugu Satam.

 

 

Captain Pilot (lucky), Menjelaskan Pesawat Boeing AI-7303 ini bertujuan untuk melakukan pengamanan di jajaran Sumatera dan sekitarnya. Mulai dari rute Jakarta, Padang, Aceh, Pantai Barat Sumatra, Medan, Pekan Baru, Palembang, Tanjung Pinang, Laut Natuna, Pontianak, Pulau Jawa, Tanjungpandan lalu kembali ke Jakarta,”terang Captian Pilot Al -7303.

Lucky mengulang penjelasanya Mengatakan, Adapun tujuan penerbangan kami adalah untuk pengamanan Pulau Sumatera dan sekitarnya dan sudah melakukan penerbangan selama 4 hari mulai dari Jakarta, Padang, Aceh, Pantai Barat Sumatera, Medan, Pekan Baru, Palembang, Tanjung Pinang, Pontianak, Tanjungpandan lalu kembali ke Jakarta,” jelasnya

“Selain itu Pesawat Al-7303 ini tak hanya untuk mengamati wilayah udara, tetapi juga perairan di wilayah Indonesia,”ungkapnya

Kadisops Mayor Lek Eka Arbiter,.S.T atas seizin Danlanud H.AS Hanandjoeddin Letkol Pnb Akal Juang E.T.P.,ST., mengatakan kepada awak media bahwa ini merupakan hari ke 4 dalam melakukan Operasi Praniti Antariksa serta Pengintaian Udara,” ucapnya.

Lebih lanjut Arbiter menjelaskan, cara kerja kamera MX-20HD apabila di gunakan, kamera tersebut akan keluar dari body Pesawat.“Misalkan saat mencari target, kamera tersebut akan keluar dari dalam body Pesawat,” jelasnya

(Ibrahim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.