Lomba Gasing Di Batu Rakit, Di Ikuti 117 Peserta, Wabup Markus Minta Dikembangkan

oleh
Wakil Bupati Markus, memperagakan bermain gasing.

Forumkeadilanbabel.com, Muntok  — Sebanyak 117 peserta yang terdiri dari 94 orang peserta putra dan 23 orang peserta putri mengikuti lomba Gasing yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat di Gelanggang Gasing kawasan wisata pantai Batu Rakit Tanjung Kalian Muntok, Senin 3/12/2018.

Gasing salah satu bentuk permainan rakyat tradisional, keberadaan permainan gasing pada awalnya merupakan perwujudan untuk mengisi waktu senggang dan sebagai sarana hiburan, yang kemudian dikembangkan sebagai hasil budaya manusia yang di akui keberadaannya.

Wakil Bupati Bangka Barat Markus, SH mengatakan, “Dalam perkembangannya permainan gasing ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai luhur dan membina keterampilan tertentu pada masyarakat pendukungnya, oleh karena itu perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan permainan gasing merupakan bagian penting bagi penguatan jati diri atau identitas bangsa.” Ungkap Markus saat membuka lomba Gasing 2018.

Selain itu Markus juga berharap agar permainan ini khususnya di Negeri Sejiran Setason harus dikembangkan untuk mempertahankan wisata budaya dan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi sektor pariwisata, sehingga dapat mengundang wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke daerah kita.
Selain peserta dari Kabupaten Bangka Barat,  juga diikuti peserta dari Kabupaten Belitung Timur dan Kabupaten Bangka Tengah, yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. (Rudy)
BACA JUGA :  Dua Kali Mangkir, Frangky Bos Belitung Akhirnya Ditangkap Jaksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.