Bupati Bangka Resmikan Ipal Komunal Desa Labu

oleh

 

 

Forumkeadilanbabel.com, Puding Besar— Bupati Bangka, Mulkan, SH., MH., pada Senin (03/12/2018) melakukan peresmian dan serah terima Ipal Komunal Perpipaan KSM Sinar Kenaka Desa Labu, Kecamatan Puting Besar.

Kegiatan ini merupakan program SANIMAS (sanitasi berbasis masyarakat) Tahun 2018. Dimana SANIMAS merupakan penyediaan prasarana air limbah bagi masyarakat. Denan konsep pemberdayaan masyarakat untuk menjadikan masyarakat aktor utama dalam proses perencanaan, pembangunan, operasional dan pemeliharaan fasilitas sanitasi komunal, dengan tujuan agar fasilitas yang terbangun dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan.

Dalam arahnya, Bupati Bangka Mulkan SH. MH mengatakan Pemerintah Kabupaten Bangka memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses pembuatan Ipal Komunal di Desa Labu ini.

BACA JUGA :  Jaringan Pipa Distribusi dan Tersier Kecamatan Gerunggang Diresmikan

“Ipal Komunal ini sangat penting terutama bagi masyrakat yang berada dikawasan padat penduduk. Dan jika tidak ada Ipal Komunal dikasan padat ini akan menimbulkan dan rentan terjadinya permasalahan atau perselisihan antar masyarakat, dan tentunya hal ini tidak kita inginkan”ungkap Bupati Bangka.

 

Ditambahkan Bupati, dalam proses pembangunan Ipal Komunal maupun sarana prasaran pedesaan lainnya harus mempertimbangkan berbagai hal terutama lokasi pembangunan. Sehingga dalam pembangunan tidak terjadi permasalahn dengan pentingan masyarakat banyak.

“Tempat pembangunan harus diutamakan agar tidak berbenturan dengan masyarakat. Jangan sampai prorgram pemerintah pusat yang sudah terprogram dengan matang batal ataupun terjadi gejolak ditengah masyarakat kita. Jadi harus komunikasi terlebih dahulu dengan masyarakat. Kedepankan partisipasi publik , jangan semata-mata keingin kepala desa ataupun perangkat desa lainya”tegas Bupati Bangka.

BACA JUGA :  Wabup Debby Wakili Bupati Riza Sampaikan Laporan LKPJ Tahun 2023 dalam Rapat Paripuran DPRD Basel

Ditambahkan Bupati, dengan adanya pembangunan Ipal Komunal ini sanitasi di kawasan pemukinan masyrakat Desa Labu akan sebakain baik sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kami berharap dengan telah dibangunnya Ipal Komunal ini, kepada seluruh masyarakat Desa Labu agar dapat menjaganya secara bersama-sama. Karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama, mari kita jaga dan rawat bersama”tutup Bupati Bangka.

Peresmian Ipal komunal KSM Sinar Kenaka ini ditandai dengan penanda tanganan prasasti dan penguntingan pita oleh Bupati Bangka. (Dn/FkB)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.