DENGAN MISI INI, BUPATI BANGKA SUKSES MERAIH PENGHARGAAN PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK TERBAIK

Lokal Seremonial

 

FORUMKEADILANBABEL.COM, BANGKA – KEBERHASILAN PEMERINTAH KABUPATEN BANGKA MERAIH PENGHARGAAN PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK TERBAIK MERUPAKAN WUJUD HASIL DARI KOMITMEN BUPATI BANGKA, MULKAN, SH. MH UNTUK MENJADIKAN PELAYANAN PUBLIK SEBAGAI JIWA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DI KABUPATEN BANGKA.
HAL INI DIUNGKAPKAN MULKAN BAHWA EVALUASI PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DILAKSANAKAN SECARA RUTIN SETIAP TAHUN OLEH MENPAN-RB TERHADAP UNIT PENYELENGGARAN PELAYANAN PUBLIK DI SELURUH INDONESIA. DALAM RPJMD 2019-2023,

DIKATAKANNYA, BAHWA DIRINYA SELAKU BUPATI BERKOMITMEN UNTUK MENJADIKAN PELAYANAN PUBLIK SEBAGAI JIWA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DI KABUPATEN BANGKA SEBAGAIMANA TERTUANG DALAM MISI “MEWUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BERSIH DAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI”
“DALAM MENJALANKAN MISI INI, KAMI MENGHARUSKAN SEMUA OPD PENYELENGGAR PELAYANAN PUBLIK, SEPERTI DINAS PENANAMAN MODAL, PELAYANAN TERPADU SATU PINTU, KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH, DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL, RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DEPATI BAHRIN, DINAS KESEHATAN, DINAS PENDIDIKAN DAN DINAS LAINYA, UNTUK LEBIH MENGUTAMAKAN KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN, DIMANA PENYELENGARAANNYA HARUS SEJALAN BERIRINGAN DENGAN EKSPEKTASI PUBLIK YANG TERUS MENINGKAT,” KATA MULKAN USAI MENERIMA PENGHARGAAN DARI MENPAN RB BELUM LAMA INI.

MENURUT MULKAN, DENGAN KOMITMEN INILAH, PADA TAHUN 2018, PIMKAB BANGKA BERHASIL MENERIMA PENGHARGAAN DARI MENPAN RB.
“KAMI MENERIMA PENGHARGAAN PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK TERBAIK DARI MENTERI PEMBERDAYAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI. PENGHARGAAN INI DIBERIKAN ATAS PRESTASI KINERJA PELAYANAN PUBLIK YANG DIBERIKAN OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DENGAN KATEGORI “ A” ATAU SANGAT BAIK. SEMENTARA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DEPATI BAHRIN MENDAPATKAN PENILAIAN DENGAN KATEGORI “B” ATAU BAIK,” IMBUHNYA.

PRESTASI INI KATA MULLAN, DIRAIH BERKAT KERJASAMA YANG SANGAT BAIK ANTAR SELURUH STKEHOLDER PEMBANGUNAN, TERUTAMA DENGAN MASYARAKAT, DUNIA USAHA, PERGURUAN TINGGI DAN MEDIA MASSA.
“SAYA ATAS NAMA PEMKAB BANGKA MENGUCAPKAN TERIMAKASIH ATAS KERJASAMA YANG LUAR BIASA INI. KEDEPAN, KERJASAMA ANTAR 5 PILAR PEMBANGUNAN INI AKAN TERUS KAMI TINGKATKAN GUNA TERUS MENDORONG PERBAIKAN PELAYANAN PUBLIK YANG KAMI BERIKAN,” PUNGKASNYA.

TERPISAH, RAHMAD GUNAWAN, KEPALA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL MENYEBUTKAN BAHWA PIHAKNYA TERUS MELAKUKAN BERBAGAI UPAYA PERBAIKAN PELAYANAN KEPENDUDUKAN
“KAMI TERUS MELAKUKAN BERBAGAI UPAYA PERBAIKAN PELAYANAN KEPENDUDUKAN. SELURUH KOMPONEN UTAMA PELAYANAN KAMI PERBAIKI KUALITAS PELAYANANNYA. DAMPAKNYA SANGAT POSITIF BAGI PERBAIKAN PELAYANAN. JIKA TAHUN 2017, KAMI MASIH MENDAPATKAN PENILAIAN DENGAN KATEGORI “B” ATAU BAIK. MAKA TAHUN 2018 INI, KAMI MENDAPAT NILAI “A” ATAU SANGAT BAIK DENGAN INDEKS YANG TERTINGGI DI BANGKA BELITUNG. TENTU KAMI TIDAK BOLEH PUAS DENGAN CAPAIAN INI. TAHUN 2019 KAMI BERTEKAD UNTUK MERAIH PREDIKAT PELAYANAN PRIMA,” UJARNYA.

SEMENTARA PAN BUDI MARWOTO, KEPALA BAPPEDA MENYATAKAN BAHWA SAAT INI EKSPEKTASI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK YANG BERKUALITAS TERUS MENINGKAT.

“TENTU KAMI HARUS MERESPON EKSPEKTASI MASYARAKAT INI DENGAN CEPAT. KAMI MERSEPONNYA DENGAN MENGEVALUASI DAN MEMPERBAIKI SELURUH INDIKATOR PELAYANAN PUBLIK DAN MENERAPKANNYA DENGAN KETAT DI SELURUH OPD PENYELENGGARA PELAYANN PUBLIK DI PEMKAB BANGKA,” KATA PAN BUDI.

 

LEBIH LANJUT DIKATAKAN PAN BUDI, PERBAIKAN YANG DILAKUKANNYA DIFOKUSKAN PADA; STANDAR PELAYANAN, MAKLUMAT PELAYANAN, SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT, KOMPETENSI, RESPONSIVITAS, KREDIBILITAS/INTEGRITAS.

“KAMI JUUGA FOKUS PADA KELAYAKAN RUANG PARKIR, TAMAN DAN PENGHIJAUAN, KELAYAKAN FASILITAS RUANG TUNGGU PELAYANAN, KELAYAKAN FASILITAS BAGI PENGGUNA LAYANAN BERKEBUTUHAN KHUSUS, SARANA PENUNJANG LAINNYA, SARANA FRONT OFFICE, SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK, MEDIA KONSULTASI DAN MEDIA PENGADUAN SERTA INOVASI PELAYANAN,” JELASNYA. (FkB)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.