Gustari Minta Pelaksanaan  CSR Perusahaan Smelter di Jelitik Jangan Hanya Kegiatan  Sedekah  

Hukum Lokal

 

Ketua tim relawan CSR Sungailiat, Gustari

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Program CSR beberapa  Smelter jelitik saat ini menjadi sorotan tim relawan Pemantau CSR Sungailiat. Pasalnya pihak Smelter dinilai kurang merespon terhadap keluhan warga sekitar terkait dampak lingkungan yang ditimbulkannya sementara kepedulian perusahaan terhadap kegiatan sosial di masyarakat dirasakan sangat kurang.

Hal tersebut diungkapkan Gustari selaku relawan pemantau CSR Sungailiat. Menurut Gustari, sumbangan atau bantuan yang  di ajukan masyarakat ke perusahaan terkadang membuat masyarakat kecewa pasalnya tidak semua bantuan yang diajukan masyarakat dikabulkan pihak perusahaan.  Padahal masyarakat beranggapan jika sumbangan yang diajukan oleh mereka itu belum sebanding dengan hasil produksi Perusahaan Smelter tersebut.
“Progrm CSR seharusnya sesuai aturan perundang undangan yang berlaku jangan sampai programnya hanya sekedar saja, CSR bukan kegiatan sedekah perusahaan tapi ini program sosial karena kegiatan Smelter menimbulkan dampak di masyarakat ” jelas Gustari, Selasa (27/11).

Dikatakan Gustari, jika di kabupaten Bangka sudah terbentuk forum CSR Bangka.
” Namun sebatas mana forum ini bergerak untuk mensosialisasikannya, saya juga belum begitu mengerti ” imbuhnya.

Masih kata dia, dalam UU PT pasal 74 di jelaskan tanggung jawab sosial wajib bagi perusahaan. Oleh karenanya, dirinya selaku ketua tim relawan pemantu CSR  Sungailiat mengharapkan meskipun sangsi tidak kuat apa bila perusahaan tidak menjalankan program CSR nya.
“Namun kita berharap demi kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat, perusahaan harus tetap menjaga terjalinnya keharmonisan antar pihak perusahaan dengan masyarakat agar saling mendukung ” harap Gustari.

Selain itu Gustari juga meminta agar pihak dari forum CSR Bangka dapat memantau dan mendata program CSR apa saja yg telah dilaksanakan oleh prusahaan Smelter kepada masyarakat.

Terkait adanya tim dari Mabes Polri yang memantau dan memeriksa sejumlah Smelter di jelitik. Gustari meminta pihak Mabes  Polri nantinya dapat menggali data antara hasil keuntungan dari produksi Smelter dengan kegiatan program CSR  Perusahaan selama ini.
“Kita berharap adanya kedatangan Tim Mabes Polri yang melakukan pemeriksaan di sejumlah Smelter di Bangka ini dapat juga menggali data terkait hasil keuntungan dari produksi Smelter dengan kegiatan program CSR yang dilaksanakan pihak perusahaan selama ini,” pungkas Gustari. (Red/FkB)
BACA JUGA :  Masih Soal Teguran KASN Terhadap Gubernur, Wakil Ketua Komisi I DPRD Babel Juga Angkat Bicara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.