Wakil Bupati Bangka Menerima Mahasiswa Unjani

Lokal Seremonial

 

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Wakil Bupati Bangka Syahbudin menerimaan Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Jendral Ahmad Yani ( Unjani ) Cimahi, Jawa Barat dalam kegiatan pengabdian masyarakat di lingkungan Nelayan 2 Sungailiat.

Penerimaan mahasiswa berlangsung di ruang pertemuan kantor Bupat Bangka di Sungailiat, Senin ( 19/11) yang juga dihadiri kepala OPD dilingkungan Pemkab Bangka, utusan Polres Bangka, Koramil Sungailiat, Ketua PDGI Cabang Bangka, Kepala Lingkungan Nelayan, Lurah Sungailiat , Camat Sungailiat, dosen dan mahasiswa Unjani serta undangan lainnya. Tema kegiatan pengabdian kepada masyarakat yakni Unjani Mengabdi 2018.

Wakil Bupati Bangka Syahbudin mengatakan, salah satu pelayanan kesehatan yang sangat penting bagi masyarakat di kabupaten Bangka adalah kesehatan gigi dan mulut. Kesehatan gigi dan mulut terkait erat dengan kesehatan masyarakat, diantaranya kondisi keasaman air, pengetahuan dan prilaku masyarakat yang masih kurang dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Menurut Wabup, masalah kesehatan gigi dan mulut masuk dalam 10 penyakit tertinggi di kabupaten Bangka tahun 2018. Tercatat kunjungan pasien gigi dalam usia produktif, data kesehatan gigi dan mulut Dinas Kesehatan kabupaten Bangka yakni umlah pasien rawat gigi di 12 Puskesmas di kabupaten Bangka tahun 2018 sejumlah 8016 orang.

 

Diharapkan dengan kegiatan pengabdian masyarakat dari mahasiswa kedokteran gigi Unjani dapat membantu teruama dalam memberikan pelayanan secara cima -cuma bagi kesehatan gigi masyarakat.

Sementara itu Pengawas Lapangan Universitas Jendral Ahmad Yani Prof. Dr. Rahman Ardan menjelaskan, Universitas Jendral Ahmad Yani berada di Cimahi dalam perkembangan saat ini telah memiliki 7 fakultas, diantaranya fakultas kedokteran dengan program study kedokteran umum dan kedokteran gigi.

Ia mengatakan, mahasiswa Kedokteran Gigi Unjani di kabupaten Bangka melakukan bakti sosial, dengan tujuan memberikan pengalaman bagi mahasiswa yang masih menjalani pendidikan dalam program sarjana kedokteran gigi. Selain itu mahasiswa dapat mengenal masyarakat sebelum nanti mereka terjun, setelah lulus sebagai dokter gigi sehingga nantinya dapat mengetahui kondisi masyarakat.

Unjani mengabdi 2018, dengan menggelar 2 kegiatan yakni memberikan pelayanan kesehatan di lingkungan Nelayan 2 Sungailiat dan memberikan pelatihan untuk siswa SMA dalam kasus emergency. Rombongan Unjani berjumlah 109 orang, dengan para mahasiswa ditempatkan di rumah – rumah warga. (Ru/FkB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.