Tugu Palu, Sejarah Pengesahan Provinsi Bangka Belitung

Lokal Seremonial

 

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Bupati Bangka, Mulkan, S.H.,M.H., melakukan peletakan batu pertama pembangunan Tugu Palu, sebagai sejarah perjuangan masyarakat Bangka dan Belitung dalam pengesahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2000 silam, Senin pagi, (19/11/2018) di taman depan Komplek Pepabri, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka, Mulkan, S.H.,M.H., dalam sambutannya mengatakan, pembangunan Tugu atau monumen Palu ini menyiratkan sejarah tentang pembentukan Provinsi Bangka Belitung yang disahkan oleh ketuk Palu DPR RI dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 27 tahun 2000 tentang pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai daerah otonomi baru.
‘’Tugu ini juga dibangun untuk mengingatkan kepada generasi di Bangka Belitung tentang perjuangan masyarakat Bangka dan Belitung sehingga terbentuknya Daerah Otonomi Baru Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,’’ungkap Mulkan.

BACA JUGA :  Masih Soal Fee 20 Persen, Kajati Daroe : Bensin Kami Masih Penuh

Dijelaskan orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini, dibangunnya Tugu Palu ini di Sungailiat karena memang Sungailiat adalah Kabupaten tertua dan pertama di Bangka dan menjadi pusat perjuangan pembentukan Provinsi Babel yang mana kedepannya dengan adanya tugu bersejarah tersebut dapat menjadi salah daya tarik wisata di Kabupaten Bangka.
‘’Kita juga sudah meresmikan Relief Kapal Perang Teluk Peleng dan Teluk Cirebon di Belinyu yang juga diharapkan menjadi daya tarik pariwisata,’’harap Bupati Bangka.
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Ferdy L. Manurung, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mana pembangunan tugu tersebut sebagai momentum sejarah, sebagai pengingat bagi generasi muda bahwa Kabupaten Bangka pernah menjadi pusat perjuangan pembentukan Provinsi Babel yang dipimpin oleh Almarhum Eko Maulana Ali.
‘’Kita juga mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak dalam menyukseskan kegiatan ini,’’ujar Ferdy.

BACA JUGA :  Masih Soal Teguran KASN Terhadap Gubernur, Wakil Ketua Komisi I DPRD Babel Juga Angkat Bicara

Dalam kegiatan itu, Bupati Bangka melakukan peletakan batu pertama pembangunan Tugu bersama dengan tokoh-tokoh Forum Presidium Pembentukan Provinsi Babel seperti Noerhari Astuti, Yusroni Yazid, Usman Saleh, Syamsiar Hamid, dan Syafiat, Ketua PKK Bangka, Yusmiati Mulkan, dan perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Bangka. (Ed/FkB)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.