Relief Akan Bertutur ke Generasi Anak CucuTentang Perjuangan Rakyat Babel

Lokal Seremonial

 

 

Forumkeadilanbabel.com, Belinyu. – Relief perjuangan rakyat Bangka Belitung yang dibuat tentunya memiliki makna yang dalam dan bukti sejarah yang akan dipahami anak cucu kita.  Dimana semangat rakyat berjuang untuk lepas dari Sumsel dan memiliki propinsi sendiri yaitu propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal itu diungkapkan Bupati Bangka, Mulkan SH MH, usai meresmikan relief perjuangan rakyat Babel, dalam peringatan HUT Propinsi Kepulauan Bangka Belitung ke 18, di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu, Saptu (17/11/2018).

Dijelaskan oleh orang nomor satu di Bangka ini, dengan adanya relief merupakan bukti nyata yang akan dilihat, dipahami dan selalu dikenang anak cucu kita, bahwa dulu berdirinya propinsi ini melalui perjuangan yang berat, “Saya sangat berharap agar relief terus tetap dijaga, dirawat oleh kita semua. Memang relief ini kita serahkan ke pihak Lanal. Tapi tentunya,  pemerintah kabupaten Bangka juga tetap ikut menjaga dan semua warga masyarakat juga membantu menjaga, ” tutur Mulkan.

Ditambahkan Bupati Bangka, kita berharap agar kedepan propinsi Babel yang merupakan propinsi ke 32 di Indonesia ini, tetap kreatif terus mencari terobosan guna memajukan daerah ini. Tentunya kita harus bisa setara dengan propinsi lain, mengingat Babel memiliki potensi daerah wisata  yang cukup baik dikembangkan, “Pantainya indah-indah dan tidak kalah dengan daerah lain. Saya berharap, Babel kedepan lebih maju dan lebih bisa mensejahterakan rakyatnya, ” jelas Mulkan.

Sementara Ketua Panitia HUT Babel ke 18, Ferdi Manurung mengatakan bahwa relief perjuangan rakyat Babel ini, menggambarkan semangat rakyat Babel untuk berjuang lepas dari Sumatera Selatan dan menjadi propinsi Babel. Disinilah awal pergerakan perjuangan,  dimana rakyat menumpang Kapal Perang, yang seharusnya berkapasitas 700 penumpang,  namun ditumpangi 1000 orang, “Waktu itu kapal sampe miring, itulah semangat rakyat Bangka yang menggebu gebu ingin propinsi sendiri, ” Ujar Ferdi Manurung. (Heru Sudrajat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.