Pemkab Bangka Dukung Lintas Timur Sungailiat Trail Run Sebagai Promosi Pariwisata

Lokal Seremonial

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Upaya memperkenalkan destinasi sport tourism baru di kabupaten Bangka akan digelar Lintas Timur Sungailiat Trail Run, Minggu (2/12) mengambil start dan finis di pantai Tikus Emas Sungailiat.

Pemerintah kabupaten Bangka untuk pertama kalinya menyelenggarakan kegiatan ini dengan tujuan memberdayakan masyarakat, memperkenalkan destinasi wisata, serta menciptakan sport tourism baru di kawasan ekonomi khusus lintas Timur Sungailiat dan secara global turut menyukseskan capaian target kunjungan wisatawan secara nasional.

Ketika jumpa pers pelaksanaan Lintas Timur Sungailiat Trail Run di Tanjung Pesona Sungailiat, Bupati Bangka Mulkan mengatakan, kegiatan sport turism ini sangat mendukung promosi pariwisata di kabupaten Bangka yang saat ini terus menggiatkan pembangunan pariwisata diantaranya upaya mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata ( KEK ) yang saat ini masih selangkah lagi yakni akan mengklerkan Izin Usaha Penambangan ( IUP ) yang ada di KEK Pariwisata. “ Kita masih menunggu niat baik dari PT Timah Tbk untuk mengeluarkan IUP dari kawasan KEK pariwisata,” kata Mulkan.

Bupati Bangka mengharapkan dari para pegiat pariwisata, masyarakat dan media massa bersama – sam mempromosikan pariwisata kabupaten Bangka, karena tanpa media massa informasi pariwisata tidak akan tersebar luas. “ Mari bersama – bersama kita bersinergi, mempromosikan pariwisata merupakan tugas bersama sehingga kabupaten Bangka dapat berkembang pariwisatanya,” ujarnya.

Diungkapkan Bupati Bangka Mulkan, tugas pegawai pariwisata tidak hanya di kantor saja, namun nantinya akan ditempatkan di tempat wisata dan setiap saat mempromosikan pariwisata diantaranya melalui media sosial yang dimiliki. “ Kerja Dinas pariwisata itu bukan dikantor tapi di luar, nantinya dimana pun mereka berada, dimanapun obyek wisata kita akan terus mempromosikan pariwisata kabupaten Bangka,” tesnya.

Menurut Mulkan banyak obyek wisata dan pulau – pulau kecil yang ada di kabupaten Bangka belum dikembangkan. Selain itu juga telah menugaskan anggota satpol PP dengan disebar di lokasi – lokasi wisata terutama hutan bakau, pulau – pulau kecil untuk dijaga agar tidak dirusak dari kegiatan penambangan dengan bersama – sama parat keamanan yang lain. Terkait dengan event Lintas Timur Sungailiat Trail Run, Pemkab Bangka menaruh harapan dapat mempromosikan daerah ini ke mancanegara.

Sementara itu Wakil Bupati Bangka Syahbudin mengatakan, Lintas Timur Sungailiat Trail Run merupakan event internasonal yang digelar karena diikuti peserta dari sejumlah negara, yang diharapkan dapat mempromosikan pariwisata kabupaten Bangka termasuk menjelang terwujudnya kawasan ekonomi khusus pariwisata pantai Timur Sungailiat yang merupakan impian bersama seluruh masyarakat dan stikholder di kabupaten Bangka. “ Multi efek dari kegiatan ini yakni para tamu dari berbagai negara dapat melihat keindahan daerah kita, keindahan pantai dan alamnya, juga kuliner dan hal – hal lain terkait dengan kepariwisataan yang akan kita tampilkan,” kata Syahbudin.

Event ini juga diharapkan dapat menjadi promosi gratis bagi kabupaten Bangka, setelah dibawa para peserta dari beberbagai negara untuk mempromosikan ke asal daerah masing – masing. Kepada masyarakat diharapkan mendukung event ini dengan menjaga keamanan dan kenyaman para tamu yang datang ke kabupaten Bangka. Menurut Syahbudin dampak dari para peserta yang berasal dari luar negeri yang mengikuti event ini diantaranya akan berbelanja berbagai cinderamata yang akan dibawa ke negaranya, merupakan keuntungan dari sisi ekonomi.

Lintas timur Sungailiat Trail Run diharapkan dapat menarik peserta sebanyak 1000 orang yang direkrut melalui rekomendasi Komunitas Indonesia Biking and Adventure Running Devision ( IBA ) dan regestrasi terbuka. Sedangkan Berbagai objek wisata yang ada di kabupaten Bangka nantinya akan dijadikan rute perlombaan, seperti pantai Tikus Emas, Puri Tri Agung, Pagoda Nusantara, Kampung Rebo, pantai Takari, dan pantai Mangkalok. Memperebutkan total hadiah Rp 75 juta. Peserta yang berasal dari luar negeri diantaranya bersal dari Canada, Malaysia, Singapura, Turki, Kenya, Ajazair dan Jerman. Katagori yang diperlombakan meliputi, 42k-Qualifier Only ( target 100 peserta ), 21k-Open participants ( target 300 peserta ), 10k – open participants ( target 600 peserta) dan 5k – family Beach run.(Rus/FkB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.