Festival Kemuje, Lestarikan Nilai-Nilai Luhur Budaya

Lokal Seremonial

 

Forumkeadilanbabel.com, Sungsiliat – Melalui kegiatan Festival Seni Budaya Islam, diharapkan dapat memetik berbagai manfaat tentang nilai-nilai luhur budaya serta akhlak budi pekerti yang mulia.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Syahbudin, S.I.P., ketika memberikan sambutan pada acara pembukaan Festival Seni Budaya Islam di Desa Kemuja dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa malam (13/11/2018) di Lapangan Bola Desa Kemuja, Mendobarat.

“Saya atas nama pribadi dan Pemkab Bangka merasa bersyukur dan bahagia dapat bersilahturahim dalam rangka pembukaan Festival Seni Budaya Islam/Festival Kemuja. Adanya komunikasi, kerjasama dan hubungan yang harmonis antara Pemda dengan seluruh komponen di masyarakat akan menjamin keberlangsungan jalannya pelaksanaan segala bidang program pembangunan,’’ungkap Wabup Bangka.

Dikatakan Wabup Bangka lagi, kegiatan ini merupakan event tahunan untuk mendukung Kemuje sebagai ikon desa santri. Festival Kemuje digelar menggambarkan kebudayaan dan kesenian tradisi yang Islami dan dikemas secara modern dalam rangka syiar Islam menuju Bangka Setara. Selain itu juga, kegiatan tersebut untuk membangun ukhuwah Islamiah dalam melestarikan seni dan budaya sebagai warisan budaya.

Diharapkannya lagi, suasana agamis akan memberikan semangat yang tinggi untuk mewujudkan masyarakat yang religius dan berbudaya Islami serta mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan mengedepankan kearifan budaya lokal.

‘’Semoga kegiatan ini menjadi warisan yang baik bagi generasi muda yang harus dijaga dan dilestarikan. Kalau  bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi,’’ujar Wabup Bangka.

Sementara itu, A. Rivai, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Babel, dalam sambutannya mengatakan, Provinsi Babel sangat mendukung kegiatan tersebut yang mana acara puncaknya digelar pada tanggal 20 Nopember 2018 yang menghadirikan penceramah dari Nasional yang mana Festival Kemuje ini menjadi parimeter kedepannya untuk lebih baik.

‘’Budaya yang tumbuh berkembang, Pemerintah wajib melestarikan, mengelola nilai manfaat agar berdampak bagi kemajuan daerah. Bidang pariwisata juga harus berdampak ekonomi bagi masyarakat,’’jelas Rivai.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Bangka, Anggota DPRD Bangka, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bangka, masyarakat, serta para tamu undangan lainnya, dilakukan pemukulan beduk tanda dimulainya Festival Kemuje oleh Wabup Bangka, Syahbudin.

(Ed/FkB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.