Puskesmas dan tenaga kesehatan di dalamnya harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat

Lokal Seremonial

 

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Syahbudin, S.I.P., memimpin Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tahun 2018 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Bangka, Jalan A. Yani, Jalur Dua, Sungailiat, Senin (12/11/2018).

Wabup Bangka, Syahbudin, yang menjadi pembina upacara membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Farid Moeloek, mengatakan, tema HKN 2018 ini adalah Aku Cinta Sehat dengan sub tema Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita yang mana tema tersebut sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang menekankan pada kesadaran tiap individu untuk meningkatkan berprilaku hidup sehat.

Meningkatkan kesadaran masyarakat berprilaku hidup sehat melalui GERMAS yang telah diprakarsai oleh Presidien RI menjadi suatu gerakan nasional yang tertuang dalam INPRES No 1 tahun 2017 tentang GERMAS.

‘’Puskesmas dan tenaga kesehatan di dalamnya harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan upaya promosi perilaku hidup bersih dan sehat,’’ungkap Wabup Bangka.

Dalam kesempatan  itu Wabup Bangka mengajak untuk mengobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dimulai dari diri masing-masing.

Apresiasi juga diberikan kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya program kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, akademi, kepala daerah, pelaku usaha, organisasi masyarakat dan lainnya sehingga di masa datang pembangunan kesehatan akan terus mengalami kemajuan serta dapat menghasilkan SDM Indonesia yang sehat dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

‘’Kita juga harus mengenang jasa para pejuang pembangunan kesehatan, meneladani semangat dan pengabdian mereka serta mendoakannya agar mendapatkan ampunan serta tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa,’’ujar Wabup Bangka.

Pada upacara tersebut juga, dibacakan naskah Deklarasi Kecamatan ODF (Open Defecation Free/Bebas Buang Air Besar Sembarangan-red), Desa ODF, Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang kemudian Wabup Bangka menyerahkan sertifikat.

Seusai Upacara tersebut, Wabup Bangka bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Bangka, dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemda Bangka memberikan penghargaan penilaian kesehatan tahun 2018. (Ed/FkB)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.