Wakil Bupati Bangka Kapanyekan Germas

Lokal Seremonial

 

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka menggelar Kampanye Gerkan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas ) dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) ke 54 di kabupaten Bangka, Minggu (11/11) di halaman kantor Bupati Bangka.

Kegiatan yang diikuti ratusan peserta warga Sungailiat dan sekitarnya, juga Wakil Bupati Bangka Syahbudin, Sekda Bangka Akhmad Mukhsin dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka yang diawali dengan senam bersama dilanjutkan kampanye makan buah yang dilakukan Wakil Bupati Bangka, Sekda Bangka, Kepala dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulyono Susanto. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Then Suyanti dan beberapa pejabat lainnya. Selain itu dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis dan berbagai kegiatan lainnya.

BACA JUGA :  Rona Bahagia Mustahik Desa Teru Terima Bingkisan

Kesempatan itu Wakil Bupati Bangka Syahbudin mengatakan, di era Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ), anggaran banyak terserap untuk membiayai penyakit Katastropik, yaitu Penyakit Jantung Koroner  ( PJK ), gagal ginjal kronik, kanker stroke dan diabetes.

Selain itu pelayanan kesehatan peserta JKN juga didominasi pada pembiayaan kesehatan di tingkat lanjutan (rumah sakit) dibandingkan di tingkat dasar.

“ Fakta ini perlu ditindaklanjuti karena berpotensi menjadi beban yang luar biasa terhadap keuangan negara,” ujar Syahbudin.

Menurutnya, meningkatnya penyakit tidak menular dapat menurunkan perilaku terhadap derajat kesehatan cukup besar. Diperlukan berbagai upaya untuk mengubah perilaku yang tidak sehat menjadi sehat. Oleh karena itu Kementerian Kesehatan RI secara khusus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat ( Germas ) guna mewujudkan Indonesia sehat.

BACA JUGA :  Samansa Tempilang Gelar MPLS Hadirkan Para Alumni, Muhammad Tahir: Jadi Siswa Harus Unik dan Asik

Dijelaskannya, Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana dilakukan secara bersama – sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pelaksanaan germas dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil masyarakat yang membentuk kepribadian.

Rangkaian HKN ke 54 di kabupaten Bangka, Senin (12/11) dilaksanakan upacara HKN di halaman kantor bupati Bangka, yang akan diikuti jajaran kesehatan dan para pegawai Pemkab Bangka. (Rs/FkB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.