Bupati Bangka Serahkan Tali Asih Kepada Veteran di Hari Pahlawan

Lokal Seremonial

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Bupati Bangka Mulkan bertindak selaku inspektur upacara bendera Hari Pahlawan tahun 2018, Sabtu (10/11) di halaman kantor Bupati Bangka,

Upacara diikuti para pegawai Pemkab Bangka, pelajar, mahasiswa, Ormas, anggota TNI dan Polri, serta disampaikan pesan – pesan para pahlawan yang dibacakan ketua DPRD kabupaten Bangka Parulian,S.Ip.

Kesempatan itu Bupati membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita, yang mengatakan, setip zaman pasti ada pahlawannya, dan setiap pahlahan pasti berkiprah di eranya. Terkait dengan hal tersebut, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru.

Dijelaskannya, Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdidikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri. Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan ketrampilan dibidangnya.

“ Sadar bahwa negerinya memiliki beragam agama, suku, adat – istiadat namun mampu memanfaatkan keberagaman sebagai modal sosial dipergunakan untuk keunggulan Indonesia dalam pergaulan dunia. Bukan justru untuk memanfaatkan perbedaan demi kepentingan pribadi maupun golongan yang menjadi penghambat bagi kemajuan bangsa,” paparnya.

 

 

Menurutnya, negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha – usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial. Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan tenologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi Industri.

“ Melalui momentum peringatan hari pahlawan saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini, mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati bangka Mulkan menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka dengan telah ditetapkannya Depati Amir sebagai Pahlawan Nasional.

Usai upacara bendera hari Pahlawan dilanjutkan ziarah ke taman Makam Pahlawan Patma Satria Sungailiat, dengan inspektur upacara Kepala Kejaksaan Negeri Bangka, diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, termasuk Bupati Bangka Mulkan dan Wakil Bupati Bangka Syahbudin. Kesempatan itu Bupati Bangka Mulkan bersama peziarah lainnya menaburkan bunga di pusara para pahlawan, serta Bupati bangka Mulkan menyerahkan tali asih kepada ahli waris dan veteran pejuang kemerdekaan. (Rus/FkB)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.