Hari Jadi Babel ke 18, Kegiatan Dipusatkan di Sungailiat dan Belinyu

Lokal Seremonial

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Peringatan hari jadi Propinsi Kepulauan Bangka-Belitung ke 18, dipusatkan di Kecamatan Sungailiat dan Blinyu. Beraneka ragam kegiatan sudah matang dipersiapkan, bahkan pantia pelaksana sudah paparan dengan pemerintah propinsi Babel dan tinggal menunggu hari H pelaksanaan dari tanggal 19 sampai 22 November 2018. Hal itu diungkapkan Ketua HUT Babel ke 18, Ferdi Manurung, Rabu (07/11/2018) di kantor Secretariat HUT Babel,  Kadin.

 

Menurut Ferdi Manurung pantia akan memberi penghargaan kepada para pejuang berdirinya propinsi Babel dan dalam kegiatan nanti, kita undang para pejuang berdirinya propinsi ini yang tinggal diluar pulau Babel. Bagi pejuang yang sudah meninggal dunia, penghargaan akan diberikan kekeluarganya.Kemudian juga akan ada peletakan batu pertama pembangunan monomen berdirinya propinsi Babel dengan membuat Palu raksasa yang akan didirikan di seputar Pepabri. Palu yang akan dibuat,  merupakan replika, Palu yang dulu untuk mengetuk pengesahaan  sahnya Babel pisah dari Sumatera Selatan di gedung DPR-RI. Disamping itu akan diresmikan pembangunan relief di Tanjung Gudang Belinyu. Relief yang dibuat, menggambarkan perjuangan rakyat Bangka Belitung dalam memperjuangan berdirinya propinsi,

“Dimana dalam relief nanti akan ada kapal perang yang mengangkut warga masyarakat Bangka Belitung, berangkat ke gedung DPR-RI Jakarta untuk menekan anggota parlemen, agar berdirinya Babel segera disahkan. Dulunya, kapal perang Teluk Cirebon dan Teluk Peleng, yang mengangkut rakyat Babel ke Jakarta dan balik ke Bangka, sampai miring. Karena ditumpangi seribu orang lebih,”tutur Fredi Manurung.

 

Ditambahkan Ferdi Manurung, acara puncak resepsi digelar di Taman Kota (eks terminal Sungailiat).  Kegiatan juga diisi napak tilas Jalan kaki dari kantor camat Belinyu menuju Pelabuhan Tanjung Gudang.Kemudian juga digelar pesta rakyat. (heru sudrajat)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.