Program LDKS OSIS, Siswa Terpilih SMPN 2 Muntok Dapat Pelatihan Jurnalistik

Lokal Seremonial

 

Pelatihan Jurnalistik Program LDKS OSIS di SMPN 2 Muntok oleh Praktisi Jurnalis, Rudy, ST.

Forumkeadilanbabel.com, Muntok  — Sedikitnya 40 siswa-siswi terpilih SMPN 2 Muntok mengikuti program Latihan Dasar Kepemimpinan (LDKS) OSIS, dimulai tanggal 26, 27 serta 30 Oktober 2018. Dalam kegiatan tersebut, para murid ini sekaligus dikenali dengan teknik dasar jurnalistik.

Pelatihan dasar jurnalistik yang berlangsung di ruang Laboratorium IPA SMPN ini, disampaikan praktisi jurnalis Rudy, ST. Materi yang disampaikan mulai dari seputar pengetahuan ilmu jurnalistik, teknis menulis berita berdasarkan kaidah 5 W plus 1 H dengan menggunakan pola piramida terbalik serta teknik dasar menyunting naskah berita.

Kepala Sekolah SMPN 2 Muntok, Dra Dwinita Apriyani Rangkuti, dalam pembukaan pelatihan jurnalistik kemarin mengatakan, LDKS merupakan bagian dari program kegiatan OSIS sekolah. Dalam LDKS, rangkaian kegiatan yang diikuti, mulai dari ketauhidan, pengenalan lagu-lagu nasional, kepemimpinan, keorganisasian, tata cara upacara bendera, peraturan baris berbaris serta pelatihan jurnalistik.

“Peserta kegiatan ini siswa-siswi mulai kelas VII hingga VIII. Bagi siswa kelas lX, mereka tidak dilibatkan lagi karena harus fokus persiapan ujian akhir,” ujar Kepala Sekolah Dwinita Apriyani Rangkuti, dalam perbincangannya dengan media ini disela acara berlangsung.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Siswa-siswi program LDKS OSIS SMPN 2 Muntok, kemarin mendapat respons positif dari para peserta yang mengikuti kegiatan. Didampingi guru pembimbing dan guru pelajaran Bahasa Indonesia, para siswa fasih menjawab konsep 5 W plus 1 H sebagai kaidah penulisan struktur berita. “Pada kesempatan pelatihan jurnalistik ini, sengaja kita tambahkan teknik dasar menyunting naskah berita. Tujuannya biar ada kesamaan antara harapan redaktur dengan naskah berita yang ditulis pewarta,” ujar Rudy.
Pelatihan jurnalistik yang berlangsung sekitar 1,5 jam tersebut, selanjutnya ditutup dengan tugas untuk kemudian
dikumpulkan.

(FkB)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.