Pemkab Bangka Terima Mobil DUMLAP Kemensos RI

Lokal Seremonial

 

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menerima satu unit mobil Dapur Umum Lapangan (DUMLAP) Kementerian Sosial Republik Indonesia (RI), Senin (15/10/2018) di halaman Kantor Bupati Bangka, Jalan A. Yani, Jalur Dua, Sungailiat.

Penyerahan satu unit mobil tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Bangka, Mulkan, SH.MH kepada Dinas Sosial Kabupaten Bangka yang akan dipergunakan jika terjadi bencana di Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka, Mulkan, SH.MH dalam sambutannya menyambut positif atas didapatnya mobil DUMLAP dari Kemensos RI atas perjuangan Dinsos Bangka yang merupakan salah satu bukti fungsi bekerja dengan baik. Kedepannya juga diharapkan menjadi motivasi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya di lingkungan Pemda Bangka untuk memperjuangkan bantuan dari pusat yang masih banyak belum didapatkan Pemkab Bangka karena jika hanya mengharapkan APBD Kabupaten Bangka tidak akan berjalan maksimal.

‘’Bagaimana strategi kita supaya mendapat bantuan-bantuan dari pusat karena kedepannya yang bisa diharapkan adalah bantuan dari pusat karena hanya mengandalkan APBD 2 terutama PAD kita tidak cukup kemana-mana,’’ungkap Bupati Bangka.

Dikatakan Bupati Bangka lagi, tim Tagana (Taruna Siaga Bencana) Kabupaten Bangka berjumlah 35 orang dan Desa Deniang sudah ditetapkan sebagai Desa Siaga Bencana yakni Desa Deniang dan diharapkan Dinsos Bangka sudah menginventarisir titik-titik bencana terutama permasalahan bencana banjir yang harus dikurangi bahkan kalau bisa ditanggulangi dan dihilangkan.

‘’Mobil DUMLAP ini adalah salah satu alat untuk menanggulangi bencana dan kita sangat mengharapkan tidak terjadi bencana di daerah kita dengan menanggulanginya sedini mungkin sehingga bencana dapat diminimalisir dan tidak terjadi,’’jelas Bupati Bangka.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangka, Arman, dalam laporannya mengatakan, pada tahun 2018 ini mendapatkan bantuan dari Pusat yakni APBN Kementerian Sosial sebesar 17.155.000.000 berupa bantuan pangan non tunai, kegiatan kelompok usaha bersama, KUBE reguler, KUBE Dekon, rumah layak huni 50 unit, sarana prasarana lingkungan, mobil DUMLAP seharga 498 juta lengkap dengan peralatannya, tabungan sosial anak cacat, rehab rumah Lansia, dan asistensi sosial bagi Disabilitas.

‘’Mobil ini harusnya jatah wilayah Indonesia Timur, namun karena kita gigih akhirnya mendapatkan dan di Babel ini baru Kabupaten Bangka yang mendapatkannya. Mobil ini diharapkan dapat menjadi salah satu alat untuk menanggulangi bencana di Kabupaten Bangka,’’jelas Arman.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Bangka bersama Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, S.IP, Pj. Sekda Bangka, H. Akhmad Mukhsin, SH, meninjau secara langsung operasional mobil DUMLAP setelah sebelumnya melakukan pengguntingan pita tanda diterimanya mobil DUMLAP tersebut.

 

(Edo/FkB)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.