Pemkab Bangka Serap Aspirasi Untuk Susun RPJMD

oleh

 

 

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Pemerintah Kabupaten Bangka menyerap aspirasi selain dari Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ), juga Ormas dan LSM terhadap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD ) kabupaten Bangka lima tahun mendatang.

Menyerap aspirasi tersebut dilakukan dalam Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Bangka tahun 2019 – 2023 yang diselenggarakan Bappeda Kabupaten Bangka, dibuka Sekda Bangka Akhmad Mukhsin Jumat (5/10 ) di ruang Bina Praja, Kantor Bupati Bangka di Sungailiat.

Kesempatan itu, Sekda Bangka Akhmad Muksin menjelaskan, forum konsultasi dimaksudkan dalam rangka menyerap aspirasi dari pemangku kepentingan tentang prioritas pembangunan hingga 5 tahun mendatang

“ RPJMD merupakan rancangan pembangunan untuk 5 tahun mendatang sebagai rancangan jangka menengah,” kata Mukhsin.

RPJMD 2019 – 2023 kabupaten Bangka memuat visi, misi dan program yang akan dijadikan arah pembangunan daerah, strategi pembangunan daerah, dan kebijakan  umum pembangunan jangka menengah daerah. Selanjutnya akan dijadikan pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan baik untuk pemerintah daerah, masyarkat, maupun dunia usaha.

BACA JUGA :  Sekda Mie Go Ingatkan Pentingnya SPM untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Mukhsin menjelaskan, visi dan misi yang dituangkan dalam RPJMD Kabupaten Bangka tahun 2019 – 2023 secara sinergis, koodinatif, selanjutnya RPJMD setiap tahunnya akan dijabarkan dalam rencana pembangunan daerah dan menjadi pedoman rencana bagi perangkat daerah yang.

Sedangkan visi kabupaten Bangka tahun 2018 – 2023 adalah Bangka Sejahtera dan Mulia yang selanjutnya disebut “ Bangka Setara”. Bangka Setara merupakan perwujudan secara utuh menciptakan posisi kesejahteraan dan kesamaan tingkat harkat dan martabat, serta pemerataan keadilan dan tingkat kesejahteraan pembangunan ekonomi dan sosial bagi seluruh masyarakat kabupaten Bangka.

Dikatakannya, kesetaraan dalam berbagai dimensi tersebut akan mengarah pada pencapaian posisi puncak tertinggi pemerintah kabupaten Bangka berada pada rekor setara dengan kabupaten/kota terbaik di Indonesia dan bahkan dunia dalam berbagai prestasi dibidang pembangunan dan pelayanan publik.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Safrizal Sampaikan LKPJ Roda Pemerintahan Babel Selama Tahun 2023 dalam Rapat Paripurna

Setara adalah sejahtera dan mulia. Setara merupakan kondisi masyarakat kabupaten Bangka yang terpenuhi, ketahanan materiil dan spiritual yang ditunjukkan oleh peningkatan kualitas pertumbuhan ekonomi disertai dengan makin tinggi dan meratanya tingkat pendapatan masyarkat, keterbatasan, kemiskinan dan pengangguran, sumber daya manusia yang berkualitas, berintegirtas dan berdaya saing tinggi, serta terciptanya pemerataan pembangunan antar wilayah. Mulia merupakan kondisi masyarakat kabupaten Bangka yang memiliki harkat dan akhlak yang baik serta kedudukan yang setara karena keberhasilan pencapaian pembangunan kesejahteraan sosial yang ideal. Masyarakat yang mulia memiliki kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban yang berakhlak dan beretika dalam menjadi manusia yang sehat, berilmu pengetahuan, cakap, kreatif, dan mandiri serta berinovasi.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Safrizal Sebut Babel Daerah Pluralitas Tinggi Tapi Stabil Tidak Banyak Konflik

Untuk mewujudkan visi tersebut ada 5 misi yang dilaksanakan yaitu

1. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berbasis teknologi informasi.

2. Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas

3. Mewujudkan pemerataan pembangunan infratruktur antar wilayah

4. Mewujudkan gerbang kota pariwisata yang berskala internasional

5. Mewujudkan perekonomian daerah berdaya saing dan berkelanjutan

Visi besar diatas tidak bisa dicapai melalui perumusan konsep dan gagasan untuk langkah – langkah strategis namun perlu ditopang oleh kerjasama semua pemangku kepentingan.Untuk itu dalam proses pelaksanaan pembangunan perlu melibatan berbagai pemangku kepentingan untuk turut bersama memikirkan pembangunan kabupaten Bangka ke depan. (Rus/FkB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.