BMKG Pangkalpinang Himbau Masyarakat Waspadai Ketinggian Air laut Lebih dari 2 meter

Lokal Seremonial

 

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, mengimbau masyarakat mewaspadai pasang air laut dengan ketinggian lebih dari dua meter di beberapa pesisir Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa (2/10).

“Pasang air laut mencapai dua meter atau lebih harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan,”kata prakirawan dari kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Fauzia Rizki di Pangkalpinang, Senin (1/10)

Pasang air laut maksimum mencapai dua meter atau lebih berpeluang terjadi di Membalong Kabupaten Belitung yang dapat mencapai 2,47 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,37 meter, dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 2,23 meter.

Sedangkan pasang air laut maksimum di bawah dua meter dapat terjadi di pesisir Pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,97 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,71 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,70 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka sekitar 1,64 meter.

BACA JUGA :  Fraksi PDIP Sebut Pemkot Berhasil Mendatangkan Investor Berinvestasi Di Kota Pangkalpinang

“Karena itu kami mengimbau warga dan wisatawan agar mewaspadai ketinggian pasang air laut dengan tidak? beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas,” katanya.

Pada kesempatan itu, BMKG Kota Pangkalpinang masih mengeluarkan peringatan dini terkait dengan potensi gelombang maksimum dengan ketinggian 3,0 meter yang dapat terjadi di wilayah Selat Karimata.

(Yuko)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.