Pasca Bertemu Presiden, DOB Bangka Utara Akan Desak Pemda Bangka

Lokal Politik

 

 

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Harapan akan terbentuknya sebuah daerah baru di Provinsi Bangka Belitung (Babel) yakni Kabupaten Bangka Utara yang berpusat di Kota Belinyu Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka semakin besar saat ini.

Pasalnya, dalam waktu dekat ini para aktivis dan sejumlah tokoh masyarakat Kota Belinyu yang tergabung dalam Tim Formatur Forum Komunikasi Daerah (Forkoda) Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bangka Utara mendapat undangan resmi untuk bertemu dengan anggota DPD RI dan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara guna berdialog langsung terkait persoalan CDOB se Indonesia.

Ketua Tim Formatur Forkoda CDOB Bangka Utara Heru Kaylani mengungkapkan, pertemuan dengan anggota DPD RI dan Presiden RI di Istana Negara jika tidak ada halangan diagendakan tanggal 24 September 2018 mendatang.

BACA JUGA :  Tabel IRIO 2016 BPS akan Jadi Kunci Majunya Perekonomian di Babel

“Kunjungan tadi tak lain menindaklanjuti undangan resmi guna beraudiensi dan berdialog secara langsung dengan Presiden Jokowi. Namun kami sendiri tetap optimis jika upaya yang telah dilakukan selama ini bakal segera terwujud setelah nanti bisa bertemu langsung dengan orang nomor satu di Negara Indonesia ini,” ujar Heru Kaylani, Senin (10/9) sore di Jakarta.

Heru menegaskan, Tim Formatur Forkoda DOB Bangka Utara akan menggelar aksi untuk mendesak pihak Pemkab Bangka dan DPRD Bangka agar segera menandatangani MoU adanya pemekaran Kabupaten Bangka Utara. Hanya saja, aksi itu baru akan digelar pasca pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Negara nantinya.

Sementara, salah satu tokoh masyarakat Belinyu Yuliadi Yusman saat dimintai komentarnya kepada harian ini sangat antusias dengan rencana adanya daerah baru di Provinsi Babel DOB Bangka Utara. Dirinya berharap kabupaten baru yang saat ini masih berada didalam kawasan Kabupaten Bangka segera terbentuk.

BACA JUGA :  Masih Soal Fee 20 Persen, Kajati Daroe : Bensin Kami Masih Penuh

“Mewakili masyarakat juga tentunya kami mengharapkan agar keinginan masyarakat Belinyu dapat terwujud sehingga cita-cita membangun daerah dapat tercapai jika nanti terbentuk menjadi daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Bangka Utara,” harapnya.

Terpisah, anggota DPRD Babel daerah pemilihan (Dapil) Belinyu Iksan Virsawan mengaku sangat setuju jika Kabupaten Bangka saat ini dilakukan pemekaran wilayah. Daerah Belinyu memang sepantasnya dimekarkan lantaran daerah tersebut memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup memadai.

Ia mengingatkan khususnya kepada pihak-pihak yang sedang memperjuangkan adanya pemekaran wilayah di Kabupaten Bangka agar sebaiknya mempersiapkan segala ketentuan persyaratan tersebut.

“Kabupaten Bangka memang sudah sangat layak dimekarkan, daerah ini khususnya di Kecamatan Belinyu memiliki potensi SDA yang sangat mumpuni jika nanti dimekarkan menjadi Kabupaten Bangka Utara. Saya pikir memang cukup potensi di daerah Belinyu ini secara historinya merupakan gegading atau memiliki sejarah yang sangat bagus,” tandasnya.

BACA JUGA :  Kreatif, Kata Kunci Bangkitkan Ekonomi di Era Pandemi

(De/FkB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.