Mahasiswa Babel Lakukan Aksi Damai Terkait Pelemahan Rupiah, Ini Jurus yang Ditawarkan

oleh

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang -Para mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Bangka Belitung (KAMMI BABEL) melakukan aksi #SaveRupiah  sebagai bentuk kecintaan terhadap rupiah. Aksi damai yang dilakukan di kantor Bank Indonesia di Komplek Perkantoran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (10/9/2018).

Dalam aksi damai itu para aktivis KAMMI menyampaikan satu persatu aspirasinya

“Aksi hari ini, kami ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mencintai rupiah,” kata ISHAR Damiri , KAMMI BABEL.

Tak hanya aksi orasi permasalahan negeri ini. Para aktivis ini juga meminta kepada pihak BI untuk segera mengatasi pelemahan rupiah tersebut.

”Hari ini kami sebagai penyambung lidah takyat, menyampaikan keperhatinan kepada pemerintah atas pelemahan rupiah dan meminta untuk segera mengambil tindakan pemulihan ekonomi,” ujarnya.

BACA JUGA :  Jaringan Pipa Distribusi dan Tersier Kecamatan Gerunggang Diresmikan

Disisi lain Joni Iskandar mengatakan dampak pelemahan rupiah ini mungkin bagi masyarakat kecil ke bawah belum signifikan terasa karena masih dirasakan kalangan menengah ke atas terutama pelaku pelaku usaha.

“Namun jika tidak segera diambil langkah tegas maka terjadinya krisis ekonomi tahun 1998 silam bisa terulang,” jelasnya.

Dalam aksi damai itu jiha mahasiswa mengeluarkan 8 pernyataan sikap atas bentuk keperihatinan melemahnya rupiah.

Berikut 8 pernyataan sikap tersebut:

1. Menghimbau kepada pemerintah lebih waspada dan mengambil langkah konkret agar keadaan perekonomian Indonesia, khususnya melemahnya nilai tukar rupiah, bisa diatasi. Di mana salah satu caranya mendayagunakan ekonomi nasional untuk mengurangi impor.

2. Mendesak Pemerintah untuk lebih serius menyelamatkan Rupiah dari keterpurukan.

BACA JUGA :  Kepemimpinan Riza Debby Kembali Ukir Prestasi Bidang Perlindungan Pekerja

3. Meminta presiden untuk fokus pada akhir masa jabatannya , bukan pada Masa kampanye yang sedang tranding sekarang.

4. Menghimbau kepada masyarakat untuk meminimalisir penggunaan produk-produk luar.

5. Menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam isu melemahnya rupiah ini dan bersikap kritis terhadap hal tersebut.

6. Menghimbau pemerintah juga harus berhemat devisa dengan melakukan pemilihan proyek-proyek yang menggunakan sedikit devisa.

7. Menghimbau pemerintah juga harus berupaya melakukan pemangkasan impor agar current account deficit bisa ditekan menjadi di bawah 3% terhadap produk domestik bruto. Proyek-proyek tersebut harus dijadwalkan ulang.

8. Menghimbau pemerintah untuk menahan dana investor agar mengendap di Tanah air. Kebijakan ini bisa dilakukan oleh Bank Indonesia dengan berbagai cara, salah satunya dengan menaikkan suku bunga sehingga investor mau menaruh dananya di Indonesia. (Rudy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.