Dinkes Bangka Launching Aplikasi SI POTER BERDASI

Lokal Seremonial

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangka melaunching aplikasi SI POTER BERDASI (Sistem Informasi Pengelolaan Obat Terpadu Berbasis Website Di UPT Gudang Farmasi), Sabtu (8/9/2018) di Hotel Manunggal, Jalan Sudirman, Sungailiat. Dalam kesempatan itu juga diadakan pertemuan pelatihan dokter kecil tingkat Kabupaten Bangka.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Bangka, Teddy Sudarsono, yang mewakili Bupati Bangka, Tarmizi Saat, dalam sambutannya menyambut baik kegiatan tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Pengelolaan obat merupakan proses yang komplek mulai dari proses perencanaan, pembelian obat, pendistribusian obat, penggunaan obat, pencatatan dan pelaporannya. Informasi pengelolaan obat dalam proses tersebut menjadi sangat penting sehingga perlu teknologi informasi dalam membantu pengelolaan data menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat sehingga mampu membantu pengambilan keputusan dalam setiap proses siklus pengelolaan obat.

‘’Aplikasi ini menjadi sangat penting karena selama ini pasien yang berobat tidak mengenal waktu dan setiap saat membutuhkan obat dan harus segera ditangani. Dengan adanya aplisasi ini stok obat termonitor yang berdampak pada pelayanan kesehatan masyarakat dan menjamin ketersediaan obat. Kami juga mendukung pertemuan pelatihan dokter kecil yang dapat mengedukasi tentang pentingnya kesehatan,’’ungkap Teddy Sudarsono.

Sementara itu, Kadinkes Bangka, Dr. Then Suyanti, dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan Launching Aplikasi SI POTER BERDASI ini adalah agar tersedianya sistem informasi tentang pengelolaan obat untuk memudahkan pengambilan keputusan dalam proses perencanaan dan pengadaan obat serta tersedianya pelaporan aset obat yang cepat, tepat dan akurat.

“Diharapkan aplikasi ini dapat bermanfaat untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan pertemuan pelatihan dokter kecil bisa memberikan edukasi tentang pentingnya kesehatan sejak usia dini,’’jelas Kadinkes Bangka.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemda Bangka, para kepala Puskesmas dan rumah sakit, serta para tamu undangan lainnya.(Edo/FkB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.