Baru 2 Tahun Dibangun Jalan Ini Sudah Rusak

Hukum Lokal

Forumkeadilanbabel.com, Bangka – Kondisi akses jalan aspal perkantoran Balai Tanaman Proteksi Propinsi Babel, di Desa Kace Timur Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka Induk yang baru dua tahun dibangun namun sudah alami kerusakan di beberapa bagian badan jalan.

Padahal pembangunan jalan akses kantor tersebut, mulai di bangun pada tahun 2016 melalui UPTD Balai Proteksi Tanaman Provinsi Kep. Babel  yang bersumber dari dana DAK, dengan pagu dananya sebesar RP 2.882.699.000, 00 (Dua Milyar Delapan Ratus Delapan puluh Dua Ribu Enam Ratus Sembilan Puluh Sembilan Juta Rupiah) dan dikerjakan oleh perusahaan PT ARTHA KARYA INTERNUSA.

Dari pantauan sejumlah wartawan di lapangan, kodisi akses jalan aspal terlihat rusak parah, di beberapa bagian badan jalan sudah retak pecah, dan berlubang-lubang, sehingga konfisi ini sangat mengganggu pengguna jalan bahkan mengancam keselamatan bila tidak berhati hati dalam berkendaraan.

Kondisi akses jalan menuju kantor UPTD Balai Proteksi Tanaman yang sudah rusak tersebut sontak menuai sorotan LSM pegiat anti Korupsi di Babel.

Dedi Wahyudi selaku Wakil Ketua LSM Gebrakk Sriwijaya Babel sangat menyayangkan penggunaan uang negara yang terkesan kurang mendapat pengawasan dari pihak dinas terkait.
“Kita sesalkan pihak UPTD Balai Proteksi Tanaman Provinsi Kep. Babel yang terkesan kurang pengawasan terhadap pelaksanaan pekerjaan proyek jalan sehingga  hasil pekerjaan seperti yang terlihat saat ini. Sudah banyak yang retak pecah dan berlubang lubang. Saya menduga kuat jika pekerjaan proyek jalan tersebut tidak sesuai dengan speksifikasi tehnik pekerjaan. Buktinya bangunan jalan tersebut baru berusia 2 tahun namun sudah rusak parah. Mirisnya lagi, kerusakan kerusakan tersebut terkesan dibiarkan, tidak ada tanda-tanda perbaikannya. Akhirnya kan masyarakat pengguna jalan juga yang jadi korban,” ungkap Dedi di sela sela pantauannya di lapangan, Kamis (6/9/2018).

Sayangnya, pihak UPTD Balai Proteksi Tanaman Provinsi Kep. Babel, ketika awak media bermaksud konfirmasi terkait hal tersebut, kepala UPTD Balai Proteksi Tanaman Propinsi Babel, Ujang tidak berada di kantornya.
” Maaf pak, bapak sedang tidak ada di kantor, bapak lagi dinas keluar kota ke  Mentok ” kata Ridwan salah satu staf kantor UPTD balai tersebut.

Terpisah, pihak perusahaan PT ARTHA KARYA INTERNUSA, Akong ketika dikonfirmasi via sambungan telepon maupun SMS oleh awak media, hingga berita ini diturunkan belum bersedia memberikan tanggapannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.