KANWIL KEMENKUMHAM BABEL GELAR SOSIALISASI KEWARGANEGARAAN

Lokal Seremonial

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Bangka Belitung menggelar sosialisasi kewarganegaraan, Kamis (30/8/2018) di Hotel Novilla, Jalan Kampung Pasir, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Dalam kegiatan tersebut yang bertemakan Upaya penyebaran informasi layanan administrasi umum di bidang kewarganegaraan Republik Indonesia dalam rangka mendorong industri kepariwisataan di Provinsi Babel diikuti oleh 65 peserta yang terdiri dari aparatur Pemkab Bangka, Aparatur Desa/Kelurahan, dan perwakilan masyarakat.

Kepala Kanwil Kemenkumham Babel, Sulistiarso, mengatakan bahwa salah satu sektor unggulan di Babel ini adalah sektor pariwisata yang saat ini sudah semakin menggeliat maju dan para wisatawan yang datang tidak hanya lokal saja tetapi juga dari mancanegara.

BACA JUGA :  Terus Continue, 11.343 Masyarakat Belinyu Tervaksin Dalam Serbuan LANAL Babel

Untuk itulah, pihak Kemenkumham tetap memberikan dukungan atau dorongan agar para wisatawan tersebut dapat mudah untuk mendatangi Babel dengan persyaratan memang harus sesuai dengan aturan yang berlaku dan mempunyai asas manfaat.

‘’Sekarang ini sudah banyak warga negara asing yang menetap dan besar kemungkinan terjadi perkawinan antar negara dan diperlukan tertib administrasi yang benar,’’ujar Sulistiarso.

Dalam kesempatan itu juga, Sulistiarso juga menyampaikan materi tentang peran negara dalam mengatur lalu-lintas orang masuk dan keluar Indonesia ditinjau dari undang-undang keimigrasian Indonesia.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Marshall, dalam laporannya mengatakan, bahwa maksud dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan tentang kewarganegaraan dan tujuannya adalah untuk mendorong industri kepariwisataan di Babel.

BACA JUGA :  Peringati Hari Jadi ke-264, Molen Ungkap Kedudukan Kota Pangkalpinang Dari Zaman Hindia Belanda

‘’Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari dengan narasumber yang diharapkan dapat menambah wawasan peserta di bidang kewarganegaraan,’’ungkap Marshall.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan paparan oleh 3 narasumber yakni Kepala Kanwil Kemenkumham Babel, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Babel, Siar Hasoloan Tamba dengan materi kewarganegaraan Republik Indonesia, dan LC. Siregar, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kemenkumham Babel yang dipandu moderator dari Dinas Dukcapil Bangka. Di akhir kegiatan juga dilaksanakan diskusi tanya jawab seputar permasalahan kewarganegaraan.

(Edo/FkB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.