Akhirnya, Ormas, OKP dan LSM Ini Lakukan Dialog Singkat Bersama Ratna Sarumpaet

Lokal Politik

 

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang – Setelah melakukan orasi di ruas jalan pintu gerbang bandara Depati Amir Pangkalpinang, Sabtu (25/8/2018). Perwakilan OKP Pemuda Panca Marga (PPM) Provinsi Babel, Rikky Fermana, bersama Forum Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri (FKPPI) Provinsi Babel, Tommy Chandra, Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Islam Indonesia (IKA PMII) Bangka diwakili Joni Iskandar serta dikawal dua anggota Resimen XXIX Yudha Putra PPM Provinsi Babel, terlihat memasuki kawasan dalam bandara setempat dengan menumpangi kendaraan roda empat, sekira pukul 11.00 WIB.

Perwakilan OKP/Ormas itu bermaksud ingin bertemu langsung dengan aktifis nasional, Ratna Sarumpaet yang direncanakan akan menghadiri acara Diskusi Panel GSI di Babel.

Dari keterangan Rikky Fermana, selaku sekretaris PPM Provinsi Babel mengaku jika pihaknya sempat bertemu langsung dengan Ratna Sarumpaet termasuk pihak panitia acara diskusi GSI di Babel, M Amin di lobi kedatangan bandara setempat.

” Tadi kami sempat bertemu langsung dengan Ratna Sarumpaet termasuk panitia acara diskusi GSI di Babel (M Amin –red), dan kami pun sempat berdialog singkat,” kata Rikky didampingi Tommy Chandra dan Joni Iskandar di kawasan depan pintu masuk bandara Depati Amir, Sabtu (25/8/2018).

BACA JUGA :  Kasus Penyebaran Covid-19 dan Pencapaian Vaksinasi Dosis 1 dan 2 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Lebih lanjut Rikky sampaikan jika pihak panitia (M Amin) mengatakan tidak akan menggelar kegiatan diskusi panel yang bertemakan Selamat Indonesia, Ganti Presiden & Kembali ke UUD’45 Mutlak, dan panitia mengaku hanya melakukan kegiatan pengukuhan GSI Provinsi Babel.

“Kami mengapresiasi sikap pihak penyelenggara acara diskusi panel untuk membatalkan acara tersebut semata-mata untuk kepentingan yang lebih besar yakni menjaga suasana kamtibmas di Babel ini tetap kondusif,” kata Rikky.

Terkait pelantikan pengurus GSI Babel justru ditegaskan Rikky jika pihaknya sangat mendukung hal itu.

” Iya untuk pengukuhan atau pelantikan pengurus GSI Provinsi Babel, jelas kita dukung karena itu sesuai undang-undangnya adalah kebebasan setiap orang atau warga negara Indonesia untuk berkumpul dan berserikat,” jelasnya.

BACA JUGA :  Soroti Lelang Jabatan Kadis PUPR Babel, Zainuddin Pay: "Berdayakan Putra Daerah Babel yang Mumpuni"

Bahkan ia mengaku saat di lobi bandara pun pihaknya sempat pula berdialog langsung dengan ketua Presidium GSI, Ratna Sarumpaet. Dalam dialog singkat, Rikky mengaku pihaknya bersikap ‘welcome’ terhadap aktifis nasional tersebut (Ratna Sarumpaet, red).

“Bunda Sarumpaet! Sesungguhnya kami sayang bunda (Ratna Sarumpaet –red), namun kami ingin titipkan provinsi kepulauan Bangka Belitung ini selalu kondusif karena masyarakat Bangka Belitung sesungguhnya karakter masyarakat cinta damai,” kata Rikky kepada sejumlah awak media tadi siang, Sabtu (25/8/2018).

 

Ditambshkan Rikky,  kedatangan Ketua Umum GSI bermaksud hanya untuk melantik para calon pengurus GSI Babel.

Sekedar diketahui, Acara Road Show Diskusi GSI oleh pihak panitia (M Amin) sedianya bakal dilaksanakan, Sabtu (25/8/2018) siang bertempat di Umah Ubi Atok Kulop, Kawasan Perumahan Citraland, Pangkalpinang (sebagaimana sesuai agenda dalam undangan yang ramai dishare di grup What App/WA).

Bahkan sebagaimana dalam sebaran undangan acara yang ramai di medsos jika dalam kegiatan diskusi itu, Sabtu (25/8/2018) pun direncanakan bakal hadir 2 tokoh aktifis nasional lainnya selain Ratna Sarumpaet yakni Rocky Gerung & Marwan Batubara.

BACA JUGA :  HMI Tantang Ketua DPD HNSI Babel, Johan Murod Debat Terbuka Soal Tambang Ilegal di Mengkubung

Agenda atau tempat pelaksanaan acara justru berubah-rubah, awalnya direncanakan di Umah Ubi Atok Kulop, Sabtu (25/8/2018) siang tetapi berganti diagendakan bertempat di kafe Pasir Garam, Pangkalpinang lantaran rencana acara diskusi GSI tersebut sempat menuai aksi demo oleh sejumlah ormas di Babel, sebab acara diskusi tersebut dianggap dapat memicu konflik internal masyarakat di Babel.

Meski begitu info yang berhasil dihimpun jika pihak panitia acara kembali mengagendakan kembali kegiatan diskusi bertempat di daerah Kurau Kabupaten Bangka Tengah.

Namun lagi-lagi rencana kegiatan diskusi tersebut justru gagal, dan akhirnya Ratna Sarumpaet beserta pihak panitia acara pun hanya bisa melakukan pertemuan di kopitiam Kongdjie, kawasan Kolong Bacang, Semabung, Pangkalpinang.

 

(FkB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.