Ada Pengibaran Bendera Merah Putih Dari dalam laut Desa Perlang 

Lokal Seremonial

Forumkeadilanbabel.com, Perlang – Guna menumbuhkan kepedulian dan rasa cinta di tengah masyarakat pesisir Desa Perlang terhadap Lingkungan Hidup dari bebagai kontaminasi sampah dan limbah, karena memang desa ini memiliki potensi pariwista yang mulai di kembangkan oleh masyarakat lokal beberapa tahun terakhir.

Dari itu momen peringatan HUT RI, di peringati  Mahasiswa perairan Laut Universitas Bangka Belitung ( UBB) yang tergabung dalam Pinguin Diving Babel ( PDB) bersama Kelompok kelompok  Penggiat Lingkungan Hidup seperti, ubb diving club, infinity diving club, gempa 01 kurau barat, bpbd propinsi,pelawan babel dengan mengadakan Pengibaran Bendera Merah Putih di lokasi wisata Laut, Desa Perlang. Minggu, 19/08/2018

Uniknya Pengibaran Sang Saka Merah Putih Ini di laksanakan berbeda dari pada biasanya, pengibaran Sang Saka Merah Putih di laksanakan dari dalam  laut oleh PDB dan tim diving lainnya atas instruksi Kementrian Kelautan dan Perikananan agar di laksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia.

BACA JUGA :  PWI Babel Serahkan 4 SK Kepengurusan PWI Kabupaten

Serangkaian kegiatan lainnya juga turut selenggarakan mengikuti Kegiatan ini seperti underwater clean, fun snorklin dan coastal clean up.

” kegiatan aksi diver peduli laut ini merupakan ajakan serentak dari menteri perikanan dan kelautan yg serentak se nasional, Oleh PDC acara ini digabungkan dengan peringatan HUT RI ke -73″ Kata M. Rizza Muftiadi Pembina Diving Club.

Mengusung tema ” Bersihkan Sampah, Selamatkan Lingkungan Pesisir” kegiatan ini pun di ikuti oleh berapa komponen Masyarakat  Desa Perlang seperti Pemdes, Karang Taruna, Pokdarwis dan ibu2 PKK.

Tentu saja masyarakat sangat mengapresiasi kegiatan yang sakral dan berkesan di wilayah desa mereka.

Melalui kegiatan ini, Kades Perlang berharap dapat mendorong penetapan Peraturan Desa  ( Perdes)  mengenai Kepariwisataan agar masyarakat dapat mengelola potensi pariwisata Desa memiliki dasar & kekuatan hukum yang kuat.

” Kegiatan ini sangat bangus, masyarakat sebelumnya sering mengadakan, dan berharap ada kegiatan lebih lanjut dari mahasiswa tuk peduli pesisir dan laut, bisa melalui KKN, dan kegiatan lainnya atau pengabdian, desa sudah beranjak menata pariwisata bahari nya, laut punya potensi sehingga harus di kelola dengan bekerjasama dengan berbagai steakholder membantu pariwisata, selain air tejun sadap juga punya potensi terumbu karang, ikan, dan yang lainny, pengen nya ada Perdes untuk wisata, diving, snorkling, perikanan tangkap harus punya dasar hukum yang kuat”  Jelas Kades Perlang, Rusliyandi

BACA JUGA :  Disperindag Provinsi Babel Promosikan Produk Olahan Pinang ke Negara Nigeria

Sedangkan komponen masyarakat di desa melalui kelompok kemasyarakatan mengaku bahwa desa perlang memiliki potensi parawisata yang khas, namun demikian pengembangan sangat  diperlukan oleh semua pihak terutama pemerintah agar pengelolaan dapat lebih maksimal, apalagi mereka mengaku bahwa Pariwisata Desa Perlang sudah ramai di kunjungi wisatawan lokal.

” Harapan ke depan bisa jadi tempat wisata baru, karang – karang  dilindungi, gusung – gusung bisa dimanfaatkan jadi kawasan wisata bahari, diving, snorkling, kegiatan bermanfaat selama ini tidak pernah ada kegiatan begini, ada dampak positif ke depan Pinguin diving club bisa membantu memanfaatkan potensi pesisir desa perlang ini, dan pemberdayaan SDM desa dan mahasiswa, putra daerah perlang yg kuliah di jurusan msp bisa bantu kontribusi” Ungkap ketua Pokdarwis , Bang noby”

BACA JUGA :  Tender Jetty Desa Sukal Muntok Gagal, Pokja dan PPK Beda Persepsi

” Sering di kunjungi orang, tempat wisata di perbaiki sarana dan prasarana, minta tolong dari dinas pariwisata. melestarikan terumbu karang, potensi karang masih bagus, ada yang susun 9, dibandingkan tempat lain, mudah2an bisa di jaga dan dilestarikan ” tambah Ibu PKK Desa Perlang, Maswati.

Kurang lebih sekitar 60 orang peserta yang mengikuti kegiatan pengibaran Bendera merah putih dari dalam laut ini.

 

(Ikrar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.