Wagub Berharap TBS Sungailiat Menjadi Destinasi Wisata Religi Mendunia

Advetorial Lokal

FORUMKEADILANBABEL.COM, SUNGAILIAT, KABUPATEN BANGKA – Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah, berharap konsep Taman Bintang Samudra yang berlokasi di Pantai Timur Sungailiat, Kabupaten Bangka, menjadi destinasi wisata religi bagi umat Katolik yang ada di Babel maupun berskala nasional.

“Tak hanya itu, TBS ini juga diharapkan menjadi destinasi wisata religi yang mendunia,” ungkap Wagub Abdul Fatah pada acara peletakan batu pertama (Ground Breaking) pembangunan Taman Bintang Samudra di Pantai Timur Sungailiat, Rabu (15/8/2018).

Menurut Wagub, pembangunan taman bintang  samudra sebagai lambang harmonisasi yang terjalin antara pemerintah dan masyarakat, dan wujud adanya kebersamaan dalam mencapai tujuan bersama.

Wagub menjelaskan, Program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel yang dilakukan saat ini telah bergeser. “Saat ini, kondisi masyarakat kita tumbuh dan berkembang, disadari atau tidak disadari adanya pergeseran nilai yang semula kita bersandar kepada  sektor tambang, dan saat ini menjadi sektor  perkebunan dan pertanian, kelautan dan perikanan, khususnya pariwisata,” ungkap Wagub.

BACA JUGA :  HMI Tantang Ketua DPD HNSI Babel, Johan Murod Debat Terbuka Soal Tambang Ilegal di Mengkubung

Selain itu, ditambahkan Wagub, Pemprov saat ini berusaha untuk mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Gunung dan KEK Pantai Timur Sungailiat sebagai KEK Pariwisata.

“Taman Bintang Samudra yang merupakan lokasi wisata religi ini, juga satu kesatuan dan tidak terpisahkan dari rencana  KEK Pantai Timur Sungailiat, yang memiliki karakteristik berbeda dengan dua kawasan lainnya,” tutup Wagub.

Ketua Pembina Yayasan Bangka Argo Lestari, Eddiyanto Herliyanto pada kesempatan sama mengatakan, ground breaking pembangunan Taman Bintang Samudra ini diharapkan dapat memberikan nuansa wisata religi bagi umat Katolik yang ada di Babel.

“Kawasan Taman Bintang Samudra dengan luas 4,8 hektar ini, menjadi kawasan religi dan kawasan pelestarian alam yang berkelanjutan, sehingga kawasan ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi Babel,” ujarnya.

BACA JUGA :  Hadiri Peringatan Maulid Nabi, Molen: Vaksin Terbukti Berhasil di Kota Pangkalpinang, Tingkat Penularan Covid-19 Mereda

Eddiyanto berharap, dengan dibangunnya Taman Bintang Samudra menjadi kawasan wisata religi ini, akan menjadi tempat ziarahi bagi wisatawan lokal, nasional maupun internasional.

Sementara itu, Peletakkan batu pertama TBS ini, turut dihadiri Perwakilan Forkompinda Babel, Kepala Dinas Pariwisata Babel Rivai, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Babel Eko, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan unsur terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub Abdul Fatah juga menanam pohon dan melepaskan burung di kawasan Taman Bintang Samudra.

(Adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.