Kabag Ops Polres Bangka Barat : Pelaku Pembakaran Hutan Dengan Sengaja Diancam Pidana 10 Tahun

Hukum Lokal

Forumkeadilanbabel.com, Muntok – Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan, Polres Bangka Barat menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan.
himbauan itu dilakukan melalui spanduk yang di pasang pada sejumlah lokasi yang dianggap rawan kebakaran, selasa 7/8/2018.

Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto, melalui kabag Ops Kompol Febriandi Haloho, mengatakan “kita menghimbau kepada masyarakat baik secara langsung ataupun melalui ¬†spanduk-spanduk yang dipasang oleh Polres Bangka Barat, bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan agar tidak menjadi titik api.”kata Andi.

Lebih lanjut ia katakan dengan memasang spanduk larangan membakar lahan dan hutan di lokasi starategis di wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA :  Berbagi Untuk Warga, Posko Bantuan Penanganan Covid 19 Babel Salurkan Daging Qurban

“Kita melarang membuka lahan dengan cara membakar hutan karena pada musim kemarau seperti saat sekarang sangat berbahaya dan dapat menjadi polusi dan kabut asap serta menganggu kesehatan,” terangnya.

Kabag Ops menambahkan pelaku pembakaran hutan dan lahan akan terancam hukuman pidana sebagaimana dijelaskan dalam Undang Undang Nomor 78 ayat (3) Jo. Pasal. 50 ayat (3) hurup D UU no 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dengan ancaman pidana paling lama 15 tahun dengan denda 5 miliar rupiah. Selain itu, pelaku pembakaran juga akan di jerat dengan pasal 108 Jo Pasal 56 ayat (1). UU no.39 tahun 2014 tentang perkebunan.

“Pelaku pembakaran hutan dengan sengaja, diancam pidana 10 tahun dan denda 10 milyar rupiah,” tandasnya.¬† (Rudy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.