Syahrudin: Potensi Konflik Harus Segera Direspon Dengan Upaya Preventif dan Antisipatif

Advetorial Lokal

Pangkalpinang – Untuk mengatasi isu-isu terkini yang dapat menimbulkan potensi konflik sosial di Bangka Belitung, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan rapat koordinasi bersama, monitoring, verifikasi dan evaluasi rencana aksi tim terpadu bersama seluruh Badan Kesbangpol Kabupaten/Kota.

Dalam kesempatan tersebut, Syahrudin Staf Ahli Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, mengatakan bahwa peran aparat sangat penting dalam mengatasi masalah sosial di masyarakat. Namun, berbagai pihak maupun masyarakat perlu memiliki kewaspadaan. Hal tersebut disampaikan Syahrudin di Ruang Pertemuan Hotel Bangka City, pada hari Rabu (18/7/2018).

Syahrudin mengutarakan kewaspadaan sangat dibutuhkan, walaupun setiap potensi konflik di Bangka Belitung masih dapat diatasi, yang membuat Bangka Belitung sebagai daerah yang relatif aman. “Kita selalu berupaya dengan sungguh-sungguh untuk membuat Bangka Belitung tetap aman dan kondusif,” ujar Syahrudin.

Unjuk rasa yang sempat terjadi beberapa saat terkait dinamika sosial, ekonomi, dan budaya masih terjadi. Namun hal tersebut masih dalam tataran yang wajar dan segala bentuk aktifitas akan berpeluang menimbulkan benturan-benturan kepentingan.

“Potensi yang sempat timbul seperti penolakan element masyarakat kapal hisap di perairan Belitung Timur. Saat itu, gubernur mengambil kebijakan untuk menghentikan sementara aktifitas kapal hisap tersebut hingga finalnya perda zonasi yang diharapkan menjadi solusi,” jelas Syahrudin.

Selain itu, timbul kondisi dimana harga komoditas unggulan Bangka Belitung (lada, karet, sawit, dan timah) yang cenderung fluktuatif. “Berbagai permasalahan tersebut merupakan hal yang serius dan harus segera direspon dengan upaya preventif, antisipatif, dan tetap dalam koridor hukum yang berlaku,” tutup Syahrudin.

 

(Sumber: Dinas Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.