LSM Ini Soroti Proyek Pengadaan Lampu Jalan Habiskan Dana Rp.1,5 Milyar 

Hukum Lokal
Kondisi jalan raya di depan SPBU Kenanga gelap gulita lantaran lampu jalan yang terpasang di sepanjang jalan tidak berfungsi.

 

 

Forumkeadilanbabel.com, Bangka – Guna memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat di malam hari. Pemerintah daerah khususnya Kabupaten Bangka  melalui dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Perhubungan Kabupaten Bangka telah melaksanakan pekerjaan proyek pemasangan lampu jalan di sepanjang jalan wilayah Sungailiat dan wilayah Belinyu.

 

Namun sayangnya dari pantauan di lapangan belum lama ini. Proyek Lampu Jalan yang terpasang di beberapa titik di jalan sekitaran wilayah Sungailiat seperti di ujung jalan raya Kenanga depan perumahan DPRD Kabupaten Bangka, jalan depan kantor PPP Sungailiat dan Jalan Batako Sungailiat serta beberapa titik di jalan sekitaran wilayah Belinyu yang dilaksanakan oleh Dinas PU PR Kabupaten Bangka melalui bidang Perhubungan dengan sumber dana berasal dari APBD Kabupaten Bangka Tahun Anggaran 2017 sudah tidak berfungsi, artinya lampu jalan tersebut sudah tidak menyala.

Kondisi ini menuai sorotan dari LSM pegiat anti korupsi di Babel. Salah satunya LSM Gerakan Barisan Komitmen Konstitusi (Gebrakk) Sriwijaya Provinsi Babel melalui wakil ketuanya, Dedy Wahyudi sangat menyayangkan kondisi lampu jalan yang belum lama difungsikan namun sudah berubah menjadi sekedar penghias jalan.

BACA JUGA :  Tingkatkan Penghasilan Keluarga, Warga Desa Sungai Padang Manfaatkan Lahan Kosong Tanam Toga dan Sayur-Mayur

“Sangat disayangkan lampu jalan yang selayaknya untuk penerangan jalan yang dilaksanakan oleh pihak dinas PU melalui bidang Perhubungan Kabupaten Bangka justru berobah fungsi di beberapa titik. Yakni bukan lagi menjadi lampu penerang jalan namun sekedar penghias jalan lantaran tidak menyala di malam harinya,” ungkap Dedy dengan penuh kekecewaan, Sabtu (7/7/2018).

 

Padahal kata dia, alokasi anggaran yang dikucurkan pemkab Bangka yang  notabenenya bersumber dari uang masyarakat Bangka melalui pembayaran pajak yang digunakan untuk pengadaan lampu jalan itu tidak sedikit, bahkan hingga 1,5 milyar rupiah di tahun anggaran 2017.

“Miris sekali, pengadaan lampu jalan ini kan dibiayai dengan menggunakan dana APBD Kabupaten Bangka, bahkan mencapai 1,5 milyar rupiah di 2017. Ini artinya dana tersebut bersumber dari uang masyarakat Bangka melalui pembayaran pajak yang kemudian digunakan untuk pengadaan lampu jalan. Jadi jika tidak menyala artinya kan sebagian duit itu terkesan sia sia,” sebutnya.

BACA JUGA :  Hadiri Rapat Paripurna HUT Kota Pangkalpinang, Molen dan Wawako Serta Forkopimda Diiringi Rebana dan Selawatan

 

Oleh karenanya, Dedy melalui lembaganya berencana untuk mengumpulkan data data terkait pengadaan lampu jalan tersebut yang menurutnya ada dugaan pelaksanaan pengadaan barang tidak sesuai spesifikasi barang yang telah ditentukan.

“Kami dan kawan-kawan di LSM Gebrakk Sriwijaya Babel akan segera melakukan pengumpulan data terkait pengadaan lampu jalan di wilayah Bangka khususnya Sungailiat dan Belinyu. Karena kuat dugaan adanya penyimpangan spesifikasi barang sehingga lampu jalan yang belum lama difungsikan sudah alami kerusakan (tidak menyala, red),” janjinya.

 

Tidak hanya lampu jalan, kata Dedi namun proyek pengadaan Lampu Marka Jalan berlokasi di Jalan Imam Bonjol Sungailiat juga diduga bermasalah. Hampir kesemua lampu marka jalan itu sudah tidak menyala lagi.

BACA JUGA :  Terus Continue, 11.343 Masyarakat Belinyu Tervaksin Dalam Serbuan LANAL Babel

“Padahal dana yang dikucurkan untuk proyek Lampu Marka Jalan itu di perkirakan lebih dari 700 juta rupiah yang bersumber dari APBD Kabupaten Bangka. Ini juga akan kita lakukan pengumpulan data karena kita menduga kuat adanya penyimpangan dari spesifikasi barang yang telah ditentukan. Selanjutnya akan kita sampaikan ke Kejati maupun ke Tipikor Polda Kep. Babel,” tandasnya.

 

Sementara itu, Kabid Perhubungan dinas PU tataruang dan perhubungan Kabupaten Bangka, Iskandi yang dihubungi via pesan WA mengarahkan forumkeadilanbabel.com meminta konfirmasi ke salah satu stafnya.

“Waalaikumslm, kompirmasi dgn pak Agung,” jawab Iskandi singkat, Minggu (8/7/2018).

 

Sayangnya hingga berita ini diturunkan, Agung yang disebut- sebut selaku PPK pengadaan lampu jalan ini dikonfirmasi via pesan singkat ke nomor telefon pribadinya belum memberikan tanggapannya.

(FkB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.