Jalan Menuju Wisata Menumbing Dicemari Tumpukan Sampah

DAERAH Lokal
Beginilah pemandangan tumpukan sampah di ruas jalan Kampung Air Samak Muntok menuju area wisata Gunung Menumbing, yang berhari-hari dibiarkan. (Rudy)

 

Forumkeadilanbabel.com, Bangka Barat, — Menjijikan! Itulah kesan pertama ketika tamu atau wisatawan sengaja berkunjung ke area wisata Puncak Gunung Menumbing yang berlokasi di Muntok Kabupaten Bangka Barat. Sebab memasuki ruas jalan raya Kampung Air Samak menuju lokasi tersebut, para tamu sudah dijejali tumpukan sampah basah dengan bau yang menyengat.

Sebuah pemandangan yang justru tak sedap. Kondisi ini berhari-hari, berminggu-minggu bahkan bertahun-tahun dibiarkan tanpa solusi.Bahkan khusus Rt 001, Rw 013, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, tempat lokasi tumpukan sampah pinggiran jalan tersebut, tercatat sudah dua kali pergantian ketua Rt, namun belum juga merubah keadaan.

Pantauan Forumkeadilanbabel.com, tumpukan sampah basah sisa kotoran rumah tangga tersebut berasal dari warga sekitar serta warga jauh. Masyarakat sengaja “menitipkan” dengan harapan kotoran ini segera diangkut petugas pasukan kuning ke tempat pembuangan akhir (TPA). “Dulu memang ada bak sampah dari beton dan memang sengaja dibangun di sini. Tiba-tiba dirobohkan entah apa alasannya,”ujar seorang warga setempat yang mengaku kesulitan membuang sampah karena tidak ada tempat akhir pembuangan.

Terpisah, Ketua Rt 001 Kampung Air Samak, tempat lokasi tumpukan sampah, Feriyedi, dikonfirmasi beberapa waktu lalu, mengatakan, permasalahan sampah yang berserakan di ruas jalan wilayah Rt nya tersebut, sudah pernah dibawah ke forum rapat perangkat kampung. “Sudah pernah kita bahas, tapi payah, masalahnya tempat pembuangannya nggak ada,” ujar Feri yang baru terpilih menggantikan Rt sebelumnya. Saat ditanya sampai kapan kondisi ini dibiarkan mengingat sudah bertahun-tahun dibiarkan, Feri tampak belum bisa memutuskan. (Rudy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.