Sejumlah Pimpinan Media Di Babel Apresiasi Acara Buka Bersama Gubernur Dengan Pers

Lokal Seremonial

 

PANGKALANBARU, BANGKA TENGAH – Acara Buka Puasa Bersama Gubernur Erzaldi Rosman dengan pimpinan media dan wartawan se Babel yang berlangsung Selasa (05/06/2018) di Restoran Gale-gale Jalan Koba Pangkalanbaru Bangka Tengah, Babel mendapat apresiasi dari sejumlah wartawan senior dan pimpinan media di Babel.

Sedikitnya 66 perwakilan media massa berkumpul bersama Gubernur Babel, Erzaldi Rosman pada buka puasa hari ke-20 tersebut.

Turut hadir sesepuh Pers Babel M Amin Sulthon, KA Ronie Achmad dan sejumlah Pimpinan Media Massa di Babel baik cetak maupun elektronik.

Acara buka puasa bareng antara Gubernur Erzaldi dengan insan Pers Babel itu, diawali dengan sambutan sesepuh Pers Babel, M Amin Sulthon, yang menuturkan bahwa buka puasa Gubernur dengan pers ini, sebagai upaya merekatkan silaturrahmi, kemitraan dalam mendukung kemajuan daerah.

“Berbuka bersama ini merupakan ajang silaturrahmi saling asah, asuh dan saling mengingatkan,” ujarnya.

Amin Sulthon juga mengingatkan rekan-rekan se profesi juniornya,  pers di dalam bekerja selalu dibatasi oleh kode etik jurnalistik serta media massa harus menerapkan pemberitaan berimbang.

BACA JUGA :  DPRD Babel Sahkan Raperda APBD-P 2021

“Kalau ada berita harus dikonfirmasikan, jangan menelan mentah-mentah (informasi),” ujar Amin.

Sementara itu sejumlah pimpinan media berpendapat bahwa perlu dibangunnya silaturrahmi antara insan pers dan pemerintah daerah.

Kepala Stasiun RRI Sungailiat Harianto Adi, juga mengharapkan silaturrahmi menjadi wadah diskusi untuk memecahkan berbagai persoalan, sekaligus sebagai inspirasi dan motivasi. Dengan cara itu akan lahir semangat kebersamaan membangun provinsi.

“RRI sebagai media publik memberikan ruang interaksi bagi pemerintah dan masyarakat untuk membahas berbagai persoalan dan menyampaikan informasi,” kata Hariyanto.

Demikian halnya Hendri dari Rakyat Merdeka Online, meminta Pemprov Babel bersikap bijak menanggapi kontrol sosial dan kritik membangun yang disampaikan oleh media.

Ia mengusulkan adanya kerjasama kemitraan yang lebih baik dalam membantu publikasi pemerintah daerah.

Sedangkan Pemimpin Redaksi Harian Pagi Bangka Pos, Syarif Dayan, menilai Babel memiliki banyak jurnalis dengan potensi yang luar biasa. Terlebih berkontribusi untuk membangun Babel lebih baik ke depan melalui penyampaian informasi yang akurat dan terpercaya.

BACA JUGA :  Tegas!! Thomas Jusman : Saya Ketua Kadin Babel

“Perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia jurnalistik membuat kita harus bisa melakukan pembenahan, dengan tujuan menciptakan suasana jurnalistik yang lebih baik,” sebut Syarif.

GM Harian Babel Pos, Syahril Sahidir, justru menyoroti berbagai keluhan wartawan yang susah bertemu pimpinan perangkat daerah menjelang liburan lebaran.

Syahril menyarankan agar pimpinan instansi pemerintah tidak alergi terhadap wartawan yang benar-benar melaksanakan tugas jurnalistik untuk mendapatkan berita.

“Wartawan yang benar-benar wartawan jelang lebaran kayak gini mau wawancara kepala dinas sudah susah, karena wartawan lain sudah lebih lama nunggu kepala dinas di situ. Sehingga timbul istilah warsiman atau wartawan musiman, musim lebaran, musim proyek. Mohon para kepala dinas tetap membuka ruang buat wartawan yang benar benar membutuhkan bahan untuk berita,” ungkapnyal.

Dari berbagai kondisi yang disampaikan, Gubernur Erzaldi menyambut baik hubungan kemitraan antara pemerintah provinsi dengan media massa.

Menurutnya, untuk menjadikan Bangka Belitung sebagai provinsi yang baik dan maju maka salah satunya sangat tergantung oleh peran pers. Begitu pula sebaliknya dengan kemunduran suatu daerah.

BACA JUGA :  Sudah Saatnya Babel Miliki Tugu Pers

“Hari ini kita dalam keterbukaan. Untuk bikin Babel menjadi bagus, maka hati wartawan haruslah bagus. Dan kalau ingin menghancurkan Babel ini hanya dalam waktu sekejap,” katanya.

Ia menginginkan agar Babel mampu menegakkan marwah profesinya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pers agar semakin membaik.

Juga, Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga bisa berada di tengah-tengah pers Babel untuk berbuka puasa bersama.

Ia berharap kegiatan ini bukan perdana tapi dapat berlanjut di tahun-tahun selanjutnya. “Tahun depan akan dibikin dua kali, pertama internal media, dan kedua bersama para dhuafa dan yatim piatu,” demikian Erzaldi merencanakan.

Ikut dalam acara buka puasa bersama awak media tersebut, Kepala Diskominfo Babel Sudarman, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Pemprov Babel H.K.A. Cholil, serta Kabag Humas dan Protokol Setda Pemprov Babel Irwanto.

(FkB/ prop)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.