Noviar : Perkuat Sinergitas Penyelenggaraan Jasa Konstruksi

oleh

FORUMKEADILANBABEL.COM, PANGKALPINANG – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bangka Belitung Noviar Ishak menghadiri dan membuka acara Forum Jasa Konstruksi yang diselenggarakan oleh Dinas PUPR Provinsi Bangka Belitung di Bangka City Hotel, Selasa (5/6/2018). Pertemuan tersebut dilakukan untuk memperkuat sinergitas antara pemerintah daerah, badan usaha dan masyarakat jasa konstruksi dalam penyelenggaraan jasa konstruksi dalam upaya pembangunan Provinsi Bangka Belitung.

Noviar mengatakan kegiatan Forum Jasa Konstruksi ini merupakan wadah bertemunya stakeholder jasa konstruksi serta mendorong terbinanya hubungan yang kondusif semua pihak dalam mendukung pembangunan sektor konstruksi di Provinsi Bangka Belitung.

“Pada pertemuan kali ini mengangkat topik khusus yang berkaitan dengan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 yang baru tentang pengadaan barang/jasa pemerintah. Topik ini sangat urgent dan relevan yang dibutuhkan oleh seluruh stakeholder sebagai pengguna jasa dan badan usaha jasa konstruksi selaku penyedia,“ kata Noviar.

BACA JUGA :  Terungkap!! HD Oknum Pimpinan Media Online Diduga Sebagai Penampung Hasil Tambang Timah Ilegal di Kolong Buntu Nangnung Sungailiat

Noviar menjelaskan, lahirnya Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 ini dilatarbelakangi oleh perlunya pengaturan yang memberikan manfaat sebesar-besarnya dan kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri, peningkatan peran sektor UMKM dan pembangunan berkelanjutan. Selain itu, juga menindaklanjuti arahan Presiden RI untuk melakukan deregulasi dan percepatan pembangunan dalam rangka memaksimalkan penyerapan anggaran yang salah satunya terkait dengan peraturan pengadaan barang/jasa pemerintah.

Lebih jauh Noviar mengatakan dalam Perpres tersebut menjelaskan tujuan pengadaan adalah untuk menghasilkan barang dan jasa yang tepat dari setiap uang yang dibelanjakan, diukur dari aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya, lokasi dan penyedia.

“Untuk itu, bagi pemerintah dan masyarakat jasa konstruksi, orientasi seluruh pekerjaan konstruksi dan jasa konsultasi haruslah memenuhi aspek-aspek yang terkait dengan tujuan pengadaan. Barang/jasa yang kita hasilkan selain berkualitas juga tentu memiliki nilai manfaat yang tepat bagi masyarakat umum, “ ungkapnya.

BACA JUGA :  Di Hari Pertama Kerja, Pj Gubernur Safrizal Ingatkan Hindari Saling Menjatuhkan

Noviar berharap melalui Forum Jasa Konstruksi ini para stakeholder dapat mendiskusikan berbagai kendala dan tantangan yang dihadapi dalam pengadaan pekerjaan konstruksi di Provinsi Bangka Belitung. Menurutnya, kendala dan tantangan ini harus diidentifikasi bersama karena sekecil apapun masalah akan mempengaruhi kinerja pembangunan sektor konstruksi.

“Identifikasi ini akan menjadi masukan bagi pemerintah dalam merumuskan perencanaan pengadaan serta kebijakan yang terkait dengan pelaksanaan barang/jasa di daerah khususnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Noviar.

Sumber: Dinas Kominfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.