PIDSUS KEJATI LIDIK PROYEK IRIGASI DUNGUN RAYA BASEL

oleh

 

FORUMKEADILANBABEL.COM, BANGKA BELITUNG — Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung (Kejati Babel) saat ini sedang mengusut Proyek Peningkatan Jaringan D.R Dungun Raya milik Satmikal Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Satuan Kerja (Satker) SNVT PJPA Sumatera VIII Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang terletak di Dungun Raya¬† Kecamatan Pulau Besar Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Pengusutan terhadap proyek peningkatan irigasi Dungun Raya itu diketahui Senin (27/5/2018). Saat itu terlihat PPK proyek pekerjaan peningkatan Irigasi, Rudi Susilo mendatangi gedung Pidsus Kejati Babel guna menjalani pemeriksaan di ruang penyidik lantai satu. Rudi diperiksa diperkirakan sejak jam 09.00 WIB hingga jam 16.00 WIB.

Saat ditemui di masjid Kejati, usai peaksanaan sholat zuhur. Rudi mengakui kedatangannya ke Kejati Babel guna memberikan keterangan terkait pekerjaan proyek peningkatan irigasi tahun 2017 yang dikerjakan oleh PT. Promix Prima Karya dengan nilai penawaran sebesar Rp 4.393.340.000.

BACA JUGA :  Menyambut Pulang Kampung Pak Ridwan Djamaluddin dengan Tiga OJO.

“Datang untuk dimintai keterangan. Pemeriksaan masih berlanjut sampai sore. Tadi saya keluar untuk mengambil dokumen yang diminta jaksa,” ungkap Rudi, tanpa pendampingan dari staf satker SNVT PJPA Provinsi Babel, Senin (27/5/2018).

Kasi Penkum Kejati Babel, Roy Arland seizin Kajati Babel, Aditya Warman yang ditemui di ruang kerjanya membenarkan kabar adanya pengusutan oleh jaksa terkait proyek  tersebut.

“Memang benar, malah hari ini PPK Proyek itu sedang dimintai keterangannya oleh jaksa penyidik terkait proyek peningkatan irigasi di Dungun Raya,” kata Roy kepada wartawan, Senin (27/5/2018).

Kasi penyidikan Pidsus Kejati Babel, Wilman saat dihubungi melalui pesan aplikasi Whats App (WA) juga membenarkan adanya pemeriksaan terhadap PPK proyek peningkatan Irigasi Dungun Raya pada Senin (27/5/2018).

BACA JUGA :  Ketua DPRD Babel Serahkan Bantuan Kursi Roda Kepada Salah Satu Warganya

“Benar, kita telah melakukan pemeriksaan terhadap salah satu pejabat Satker SNVT PJPA Provinsi Babel yakni PPK Proyek Irigasi di Dungun Raya Basel. Sementara itu saja dulu nanti akan dikabari perkembangannya,” tutup Wilman, Kamis (31/5/2018).

Diketahui Proyek Peningkatan Irigasi di Dungun Raya Pulau Besar Bangka Selatan milik satker SNVT PJPA Provinsi Babel yang dikerjakan PT. Promix Prima Karya dengan nilai penawaran sebesar Rp 4.393.340.000 dengan rincian pekerjaan pembangunan plat duicker 4 unit, pembangunan pintu 8 unit, penggalian saluran dengan total panjang saluran 25,313 Km yang terdiri dari saluran primer dan saluran skunder. Untuk lebar saluran primer ukuran 9 s/d 12 meter, sedangkan untuk saluran sekunder berkisar 6 s/d 7 meter, dan urugan tanah puru sepanjang 4,5 Km.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Babel Hadiri Rapat Koordinasi Internal Keuangan Pembangunan Daerah

Namu dalam pengerjaan proyek tersebut, disebut sebut telah terjadi dugaan penyimpangan dalam spek pekerjaan dan progres pencairan pembayaran. Diduga dalam pencairan pihak PPK telah mencairkan dana seratus persen dengan hanya menahan 5 persen untuk biaya pemeliharaan. Padahal progres pekerjaannya baru mencapai 80 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.