Untuk Pertama Kalinya Pemprov Kepulauan Babel Raih WTP

Lokal Seremonial

 

 

 

FORUMKEADILANBABEL.COM, PANGKALPINANG — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Bangka Belitung telah melaksanakan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun Anggaran (TA) 2017. Pemeriksaan terhadap LKPD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung TA 2017 merupakan pemeriksaan atau pertanggungjawaban Pemerintah Provinsi atas pelaksanaan APBD TA 2017. Laporan Hasil Pemeriksaan Pemerintah Provinsi atas pelaksaanaan LKPD TA 2017 tersebut disampaikan ke DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Pangkalpinang hari ini, Kamis (31/5/2018).

Dalam pidatonya Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Arief Agus menyampaikan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan BPK atas LKPD Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung TA 2017, termasuk Implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, maka BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Opini ini meningkat dari opini tahun sebelumnya yaitu Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan merupakan opini WTP pertama yang diraih Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

BPK masih menemukan beberapa permasalahan yang dimuat dalam temuan atas Sistem Pengendalian Intern (SPI) dan Kepatuhan.

Temuan SPI diantaranya adalah kegiatan penyelesaian rencana draft rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau pulau kecil pada Dinas Kelautan dan Perikanan, pelaporan dan penatausahaan jaminan reklamasi dan jaminan kesungguhan dan jaminan pasca tambang, pencatatan aset tetap dan aset lainnya dan barang milik daerah pada rumah negara KDH dan WKDH.

Temuhan kepatuhan diantaranya adalah kelebihan pembayaran belanja pegawai dan belanja barang jasa dan kekurangan volume pekerjaan fisik jalan, jembatan dan gedung.

Temuan temuan tersebut tidak berpengaruh langsung terhadap kewajaran LKPD Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung TA 2017. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.