Gubernur Dan Kapolda Bukber Bersama Warga Binaan Lapas Narkotika

Lokal Seremonial

FORUMKEADILANBABEL.COM, PANGKALPINANG — Suasana seputaran jalan masuk lembaga pemasyarakatan Narkotika atau lebih dikenal dengan sebutan Lapas Narkotika kelas III nampak berbeda dengan suasana dihari hari sebelumnya. Hari itu, Rabu (30/5/2018) nampak petugas lapas berjaga- jaga  dibantu personil TNI dan anggota Polres Pangkalpinang, guna membantu proses kelancaran kedatangan Gubernur Dr. Erzaldi Rosman bersama Kapolda Kep. Babel, Brigjen. Pol. Drs .Syaiful Zachri beserta rombongan dan tamu undangan lainnya, untuk menghadiri silaturahim dalam acara ‘Bukber dengan warga binaan yang ada di Lapas kls III’. Nampak juga Kalapas Narkotika dan Kapolres Pangkalpinang stand by menanti kedatangan Bapak Kapolda dan Gubernur di depan pintu masuk Lapas.

Tak berselang lama, Gubernur dan Kapolda beserta rombongan tiba dan diterima langsung oleh  Kepala Lapas Narkotika Kelas III Pangkalpinang, Yugo Indra Wicaksi, Rabu (29/5/18) .

BACA JUGA :  Kolaborasi Panitia Nelayan Matras & PT Timah Membantu Sarana Pendidikan SD di Wilayah Terdampak

Dalam pantauan, kedatangan para tamu undangan tidak merubah protap pengamanan. Para tamu-tamu penting yang hadir termasuk para pejabat pemerintah, TNI, Polri dan instansi lainnya tetap mengikuti prosedur pengamanan yang ada di dalam lapas Narkotika kls III Pangkalpinang.

Dalam kesempatan itu wartawan media ini mencoba mewawancarai Kalapas Yugo terkait kondisi binaan penghuni lapas. Diakui Yogo untuk saat ini lapas narkotika sudah over  kapasitas dan tidak mudah membina warga lapas yang jumlahnya sudah melebihi kapasitas.

“Namun kami yakin dukungan Bapak Gubernur dan Kapolda insya Alloh semuanya akan bisa diatasi dan mencoba meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, juga dukungan para awak media yang telah datang meliput kehadiran Bapak Gubernur beserta jajarannya dan Bapak Kapolda beserta jajaranya. Ini merupakan langkah yang sangat baik, terbaik juga untuk awak media guna menyampaikan kepada masyarakat bahwa kami bersinergi. Siap setiap saat bersama Bapak Gubernur dan Kapolda bersinergi untuk pembangunan di wilayah Kepulauan Babel ini,”ujarnya.

BACA JUGA :  Wujudkan Program Klaster Kopi Bangka Belitung, Gubenur Tanam Perdana Kopi, Kapulaga, dan Cabe Jamu

Yugo menambahkan untuk penghuni lapas narkotika Pangkalpinang idiealnya berkisar 400 an jiwa.

“Namun di sini sudah dua kali lipat penghuninya artinya ini sudah overload. Upaya kami untuk mengatasi overload tersebut, kami sudah laporkan kepada pimpinan kami, insya Alloh akan ada pembangunan Rutan tahun ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakanya, gubernur Erzaldi sebelumnya sudah menyiapkan lahan di daerah Bangka Tengah.

“Alhamdulilah Pak Gubernur juga sudah ikut berpartisipasi menyiapkan lahan di daerah Bangka Tengah dan menghibahkannya untuk pembangunan rutan ketika beliau menjabat Bupati Bateng dulu,” kata Kalapas Narkotika Pangkalpinang ini.

Terkait remisi untuk tahun ini, menurutnya, dirinya belum mengetahui secara pasti berapa jumlahnya namun berkas berkasnya sudah disiapkan.

BACA JUGA :  Tak Bisa Tunjukkan Sertifikat Vaksin, Penumpang Langsung Dipulangkan

“Saatnya nanti dibulan Agustus akan diberikan,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama Kapolda Kepuauan Babel, Brigjen. Pol. Drs .Syaiful Zachri juga menambahkan bahwa Lapas Kls III Narkotika dengan kapasitas warga binaan yang sudah overload ini harus menjadi perhatian buat masyarakat.

“Dengan jumlah penghuni yang sudah melebihi kapasitas di lapas. Ini warning buat masyarakat, ternyata di wilayah Babel memang cukup banyak pemakai-pemakai Narkoba dan ini perlu diantisipasi oleh masyarakat dan kita mengajak masyarakat untuk ikut bekerja sama dengan pihak Kepolisian dalam mengupayakan pencegahan bersama , jangan sampai ada lagi yang kita tangkap dan dimasukkan kembali ke Lapas ini,” pungkasnya.

(Baim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.