SEGERA HENTIKAN TAMBANG ILEGAL DI KOLONG PDAM MERAWANG

Kriminal Lokal

 

FORUMKEADILANBABEL.COM, MERAWANG — Aktivitas penambagan kian marak, hampir di setiap sudut kolong  yang ada di pulau Bangka dipastikan dirambah oleh aktivitas tambang timah baik yang legal maupun ilegal. Bahkan demi mengumpulkan pundi pundi uang para penambang sudah tidak  mengindahkan lokasi mana yang mereka tambang dan dampak yang akan ditimbulkan. Mereka akan menghajar dengan membabibuta. Khususnya para penambang ilegal ini kian berani, setelah merusak lahan di kawasan terlarang dan meninggalkan tanpa reklamasi. Kini pelaku penambangan ilegal juga tidak segan, merambah fasilitas umum.

Seperti halnya aktivitas penambangan di lokasi sumber air PDAM Merawang Bangka. Meskipun sempat ditertibkan oleh petugas Pol PP dan anggota Polres Bangka beberapa waktu lalu, aktivitas tambang di lokasi PDAM Merawang ini kembali beroperasi di waktu malam.

Wakil Ketua DPRD Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dedy Yulianto mengaku geram terhadap aktivitas tambang tersebut.

BACA JUGA :  Rona Bahagia Mustahik Desa Teru Terima Bingkisan

Dirinya pun meminta kepada pejabat terkait untuk segera melakukan langkah langkah persuasif.

“Stop penambangan timah di daerah PDAM Merawang, pejabat terkait dalam hal  ini kepala PDAM Bangka diminta segera melakukan langkah langkah persuasif dan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk menghentikan aktvitas pertambangan di kolam PDAM merawang itu,” kata Dedy, Selasa (29/5/2018).

Dedy menambahkan, Kepala PDAM Bangka untuk tidak melakukan pembiaran terhadap aktivitas penambangan di kawasan PDAM Merawang.

“Saya harap kepala PDAM tidak melakukan pembiaran terhadap aktivitas penambangan di situ. Sehingga mengorbankan kepentingan masayarakat pengguna air PDAM. Sikat dengan tegas terhadap oknum yang melakukkan aktifitas penambangan di daerah kolong merawang tersebut. Minta Satpol PP untuk turun ke lapangan dan minta bantu dengan aparat penegak hukum (kepolisian ). Bagi para penambang silahkan melakukkan penambangan di daerah lain yang tidak merugikan masyarakat dan jangan melakukkan kegiatan penambangan di daerah yang masyarakat membutuhkan air bersih untuk dikosumsi sehari hari,” tandasnya.

BACA JUGA :  Samansa Tempilang Gelar MPLS Hadirkan Para Alumni, Muhammad Tahir: Jadi Siswa Harus Unik dan Asik

Sementara itu Direktur PDAM Bangka, Willy tak menampik kabar adanya aktivitas penambangan timah ilegal di Lokasi PDAM yang dilakukan di waktu malam hari

“Untuk wilayah sumber air baku di Merawang memang sampai saat ini masih sering beraktifitas tambang ilegal  dengan cara kucing kucingan  bahkan  aktifitasnya pada saat malam hari atau dini hari.”kata Wely ketika dimintai tanggapan terkait aktifitas penambangan di kolong PDAM Merawang melalui pesan WA mesenger, Selasa (29/5/2018).

 

Untuk tindakan penyetopan lanjut Willy, dirinya sudah melakukan kordinasi dengan pihak Pol PP dan Polsek Merawang.

“Saat ini saya sudah berkoordinasi dengan pihak Pol PP dan Polsek Merawang bahkan sudah kita beri plank peringatan yang dipasang bersama Polsek Merawang, Pol PP dan petugas PDAM, namun siangnya dipasang besok pagi sudah hilang dan juga sudah sering dirazia gabungan, lalu berhenti sesaat, sudah itu beraktifiatas lagi,” terangnya.

BACA JUGA :  PWI Babel Serahkan 4 SK Kepengurusan PWI Kabupaten

Namun sangat disesalkan, razia gabungan yang dilakukan selama ini dipastikan infonya selalu bocor.

“Ini bukan sekali dua kali tapi sudah berkali kali,” sesalnya.

Willy mengingatkan kalau pihak PDAM hanya sebatas berkoordinasi namun untuk menghentikan kegiatan TI elegal itu bukan kapasitasnya sebagai Dirut PDAM.

“Kalau kami akan turun ke lapangan biasanya tetap koordinasi dengan Babinsa. Dramatis memang nasib kolong Merawang dibabak bingkas oleh para perusak lingkungan dan kolong demi untuk kepuasaan diri sendiri. Insya Allah selesai pilkada ini akan saya ambik tidakan tegas setegasnya dan akan membuat Mou dengan pihak Pol PP untuk dapat di BKO kan ke PDAM Tirta Bangka, sehingga bisa mengawasi dan memonitor setiap hari agar air baku PDAM dapat terjamin,”pungkasnya. (Baim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.