Gubernur Berikan Motivasi dan Pesan Penting Kepada Konselor Muda

oleh
Foto:
Foto: Gubernur bersama Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, Sekda Babel Yan Megawandi, Pjs Walikota Pangkalpinang, Asyraf Suryadin, dan Kepala DP3ACSKB Babel, Susanti.

Forumkeadilanbabel, Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman pada Rabu (9/5) membuka secara resmi kegiatan Kemah Konselor Muda yang diikuti oleh perwakilan anak remaja se-Babel dan perwakilan dari 34 provinsi se- Indonesia. Mereka dibina menjadi calon konselor generasi berencana (GENRE) BKKBN yang sebelumnya pada Selasa lalu (8/5) telah mendapatkan training dan pelatihan revolusi mental.

Kegiatan yang diinisasi oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI dan pihak BKKBN tersebut diungkapkan Gubernur Babel Erzaldi Rosman dimaksudkan dapat menjadi cikal bakal pembentukan komunitas konselor sebaya dalam rangka pembinaan kepada generasi muda baik yang ada di Bangka Belitung maupun remaja di provinsi lain.

“Melalui kegiatan ini diharapkan terciptanya konselor-konselor sebaya yang handal, berkarakter dan berteman. Jadi setelah mengikuti kegiatan konselor ini, kami berharap adik-adik dapat membentuk komunitas konselor muda untuk mewujudkan GENRE yang berencana, cerdas, dan penuh inisiatif,” ujar Erzaldi.

BACA JUGA :  Polisi Dalami Keterlibatan Abok Bos Kolektor Timah Akim?

Melihat kondisi banyaknya tantangan yang dihadapi oleh anak remaja dalam proses tumbuh dan kembang di era saat ini, Gubernur Erzaldi mengungkapkan menjadi satu faktor yang melatar belakangi pemerintah provinsi menginisiasi untuk dilaksanakannya kegiatan konselor muda sekaligus diarahkan bahwa melalui kegiatan kemah konselor dapat menjadi media pembelajaran bagi sesama remaja.

“Kita bisa melihat di sosial media banyak sekali bentuk-bentuk kenakalan remaja yang terjadi saat ini, selaku orang tua tentunya sangat peduli akan hal ini. Pemerintah tidak boleh membiarkan hal-hal buruk merusak generasi muda,” tegas gubernur.

Foto: Para peserta dari kalangan remaja hadir dalam kegiatan kemah konselor muda di Babel.

Selain berangkat dari latar belakang persoalan di atas, karakteristik pola komunikasi remaja yang lebih intens dengan sebayanya, melalui kegiatan kemah konselor muda dapat menjadi jembatan dan media pertukaran informasi bagi sesama remaja dalam mencegah masalah-masalah yang dihadapi remaja.

BACA JUGA :  Hadiri Safari Ramadan di Beltim, Pj Gubernur Safrizal Sampaikan Beberapa Hal Penting

“Sebagai orang tua kita sangat peduli, tetapi remaja lebih suka mendengar nasehat teman-temannya yang sebaya, jadi adik –adik peserta konselor, pemerintah sangat berharap andalah sebagai pionir muda yang akan berhadapan dengan teman –teman sebaya kalia,” tutur Erzaldi.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak KEMENKO PMK RI, Ghafur Dharma Putra mewakili Menteri PMK, mengungkapkan bahwa melalui pembinaan dan pembentukan REMAJA GENRE yang digagas oleh pemerintah, para remaja dibina dan diarahkan untuk mampu menjalani masa transisi kehidupan remaja.

“Melalui program GENRE, remaja diarahkan dan di bina untuk mampu menjalani dan melalui masa transisi kehidupan remaja, dimana masa transisi tersebut dibagi dalam lima masa transisi kehidupan yaitu melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, memulai kehidupan berkeluarga, menjadi anggota masyarakat dan mempraktekkan hidup sehat,” imbuh Ghafur Dharma Putra.

BACA JUGA :  Pemkot Pangkalpinang Terima Penghargaan Terbaik 1 Paritrana Award Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Pada kegiatan pembukaan kemah konselor muda siang itu, juga dilaksanakan beberapa kegiatan. Antara lain treatikal yang dibawakan oleh para peserta konselor, tarian khas daerah dan dilanjutkan dengan kegiatan pemberian pembinaan kepada remaja dari dari Ketua Tim Penggerak PKK Babel, Melati Erzaldi Rosman.

Adapun kegiatan Kemah Konselor Remaja akan berlangsung hingga tanggal 11 Mei 2018 dan diisi dengan berbagai kegiatan dan pembinaan. Turut hadir pada kegiatan tersebut Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, Sekda Babel Yan Megawandi, Pjs Walikota Pangkalpinang, Asyraf Suryadin, dan Kepala DP3ACSKB Babel, Susanti.

(Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.